Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Niaga (BNGA) hingga Bank Permata (BNLI) Gelar RUPST Bulan Ini, Simak Jadwalnya

Berikut jadwal RUPST CIMB Niaga (BNGA) hingga Bank Permata (BNLI) yang akan digelar pada bulan ini atau April 2023.
Ilustrasi rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) dengan agenda rights issue/Freepik
Ilustrasi rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) dengan agenda rights issue/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Bank-bank kasta kedua seperti PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) dan PT Bank Permata Tbk. (BNLI) bersiap menggelar rapat umum pemegang saham tahunan atau RUPST. Tebaran dividen menjelang Lebaran dipastikan masih akan terjadi.

Seperti diketahui, sejumlah bank jumbo seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) rampung menggelar RUPST bulan lalu, dividen tunai bagi pemegang saham mulai ditebar. 

CIMB Niaga sendiri telah mengundang para pemegang sahamnya untuk menghadiri RUPST yang akan diselenggarakan pada pekan depan, yakni 10 April 2023. Ada sejumlah mata acara yang akan dibahas oleh perseroan salah satunya terkait tebaran dividen.

"Penetapan penggunaan laba perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022," tulis manajemen dalam keterbukaan informasi pada beberapa waktu lalu.

BNGA sendiri akan mengusulkan dalam RUPST tersebut penggunaan laba bersih sebagai dividen tunai final. Porsi dividen yang diusulkan nantinya adalah 60 persen terhadap laba bersih tahun buku 2022. Perseroan sendiri telah membukukan laba bersih Rp4,78 triliun pada 2022.

Kemudian, sisa laba bersih untuk tahun buku 2022 diusulkan sebagai laba yang ditahan.

Selain membahas dividen, RUPST emiten bank berkode BNGA ini akan membahas mengenai pengangkatan kembali sejumlah posisi pengurus bank. Diantara yang diusulkan untuk diangkat kembali adalah Didi Syafruddin Yahya sebagai Presiden Komisaris BNGA dan Sri Widowati sebagai Komisaris Independen BNGA.

Selain CIMB Niaga, PT Bank OCBC NISP Tbk. (OCBC) telah mengundang para pemegang sahamnya untuk menghadiri RUPST pada 11 April 2023. Salah satu mata acara dalam RUPST adalah terkait tebaran dividen.

"Perseroan akan mengusulkan kepada rapat untuk menyetujui penggunaan laba bersih perseroan tahun buku 2022 untuk disisihkan sebagai dana cadangan, pembagian dividen, dan sisa laba bersih yang tidak ditentukan penggunaannya akan ditetapkan sebagai laba ditahan," tulis Manajemen OCBC NISP.

Selain itu, OCBC NISP akan meminta persetujuan pembelian kembali saham perseroan atau share buyback termasuk pengalihannya yang akan digunakan untuk pemberian remunerasi.

PT Bank BTPN Tbk. (BTPN) juga akan menggelar RUPST bulan ini, tepatnya pada 13 April 2023. Salah satu mata acara dalam RUPST tersebut adalah penetapan penggunaan laba bersih untuk tahun buku yang berakhir per 31 Desember 2022. 

Perseroan sendiri mengusulkan untuk menyetujui tebaran dividen dengan porsi 20 persen terhadap laba bersih tahun buku 2022 yang berjumlah Rp3,09 triliun. Sementara, dividen per saham sebesar Rp76,8. Sisa dari laba adalah laba ditahan.

Mata acara RUPST BTPN lainnya adalah terkait dengan perubahan susunan pengurus. Hal ini dilakukan seiring dengan adanya pengunduran diri Kan Funakoshi dari jabatannya selaku Direktur BTPN.

Bank Permata juga telah mengundang para pemegang saham untuk menghadiri Rapat RUPST pada 6 April 2023. Perseroan telah menyiapkan delapan mata acara RUPST, salah satunya terkait tebaran dividen.

Selain itu, RUPST Bank Permata akan membahas mengenai pengunduran diri angota direksi serta pengangkatan anggota dewan komisaris dan direksi untuk masa jabatan 2023-2026. 

Berikut jadwal RUPST CIMB Niaga, OCBC NISP, hingga Bank Permata pada April 2023

1. CIMB Niaga

RUPST digelar pada Senin, 10 April 2023 pukul 14:00 WIB. RUPST digelar di Graha CIMB Niaga, Jl. Jend. Sudirman Kav. 58, Jakarta Selatan 12190.

Mekanisme RUPST akan digelar secara fisik dan elektronik dengan aplikasi Electronic General Meeting System KSEI (eASY.KSEI).

2. OCBC NISP

RUPST akan digelar pada Selasa, 11 April 2023 pukul 10.00 WIB. Tempat RUPST di OCBC NISP Tower Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 25, Jakarta 12940.

Mekanisme RUPST akan digelar secara fisik dan elektronik dengan aplikasi eASY.KSEI.

3. BTPN

Perseroan akan menggelar RUPST pada Kamis, 13 April 2023 pukul 09:00 WIB di Menara BTPN, Lantai 27. CBD Mega Kuningan Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung Kav. 5.5-5.6 Jakarta 12950.

Mekanisme RUPST akan digelar secara fisik dan elektronik dengan aplikasi eASY.KSEI.

4. Bank Permata

Bank Permata akan menggelar RUPST pada Kamis, 6 April 2023 pukul 13.00 WIB di World Trade Center II (WTC II) Lantai 21 Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31, Jakarta 12920.

Mekanisme RUPST akan digelar secara fisik dan elektronik dengan aplikasi eASY.KSEI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper