Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Diaspora Bank Mandiri Pimpin Bank BUMN dan RUPST BTN (BBTN)

Pengangkatan Nixon L. P. Napitupulu, bankir lulusan Bank Mandiri, sebagai Dirut BTN dan RUPST BTN (BBTN) jadi topik terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com.
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - Para pembaca Kanal Finansial Bisnis.com mencermati pergantian direktur utama BTN (BBTN) yang diputuskan pada RUPST kemarin.

Nixon L. P. Napitupulu ditunjuk menggantikan Haru Koesmaghargyo sebagai bos BTN. Penunjukkan ini sekaligus menjadikan diaspora Bank Mandiri di puncak kepemimpinan bank-bank BUMN.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com:

1. Diaspora Bank Mandiri (BMRI) ke Puncak Himbara: dari Nixon BTN, Royke BNI, Hingga Sunarso BRI

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. hari ini, Kamis (16/3/2023) menegaskan posisi Nixon L. P. Napitupulu sebagai direktur utama bank yang identik dengan pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) itu.

Nixon sempat digadangkan menjadi Direktur Utama BTN pada RUPS 2021. Keyakinan setelah sebelumnya Nixon mengemban jabatan Plt Direktur Utama selama 4 bulan.

Akan tetapi, Kementerian BUMN sebagai kuasa pemegang saham memberikan posisi Dirut BTN ke Haru Koesmahargyo. Nama ini merupakan bankir karir asal Bank Rakyat Indonesia (BBRI).

2. BTN (BBTN) Gelar RUPST Hari Ini, Intip Bocoran Dividennya!

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN (BBTN) akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Kamis (16/3/2023).

Salah satu mata acara yang akan dibahas yakni penetapan besaran dividen tahun buku 2022.

Head of Research Team II PT Mirae Asset Indonesia Handiman Soetoyo menjelaskan bahwa besaran dividen yield yang akan dibagikan BBTN diperkirakan akan berada pada level 2,26 persen.

3. Sah! BCA (BBCA) Tebar Dividen Rp205 Per Lembar Saham

PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA (BBCA) mengumumkan pembagian dividen tunai Rp205 per lembar saham dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Kamis (16/3/2023).

"Sehubungan dengan laba bersih perseroan selama tahun buku 2022 yang sebesar Rp40,7 triliun, RUPST memutuskan penggunaan laba bersih perseroan antara lain untuk dibagikan sebagai dividen tunai sebesar Rp205 per saham," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam keterangan tertulis pada Kamis (16/3/2023).

4. Nixon Napitupulu Jadi Dirut BTN (BBTN) Gantikan Haru Koesmahargyo

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN (BBTN) menunjuk Nixon LP Napitupulu menjadi direktur utama menggantukan Haru Koesmahargyo.

Posisi Nixon, digantikan oleh Oni Febriarto Rahardjo sebagai wadirut BTN. Selain itu, RUPST menyetujui penambahan posisi baru di jajaran direksi, yaitu Direktur Institutional Banking yang diisi oleh Hakim Putra Tama.

Sementara itu, RUPST BTN juga menetapkan Mohamad Yusuf Permana sebagai komisaris menggantikan Heru Budi Hartono.

5. Chatib Basri Blak-blakan soal Dampak Krisis Silicon Valley Bank (SVB) ke Indonesia

Ekonom sekaligus mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan krisis Silicon Valley Bank (SVB) dapat membawa efek tidak langsung terhadap perekonomian Indonesia.

Hal itu terjadi apabila terdapat common creditor antara dunia usaha tanah air dengan bank di Amerika Serikat itu. Hal tersebut disampaikan Chatib Basri dalam gelaran Grab Business Forum 2023, Kamis (16/3/2023).

Dede, panggilan akrabnya, membahas soal runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB) karena berkaitan erat dengan sektor terknologi dan perusahaan rintisan (startup).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper