Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Itu Stres Finansial dan Cara Mengatasinya

Stres bukan hanya terkait kesehatan namun juga soal finansial, berikut penjelasan dan cara mengatasinya.
Ilustrasi financial freedom atau kebebasan finansial/Freepik
Ilustrasi financial freedom atau kebebasan finansial/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan finansial sebagian besar ada dalam setiap orang. Menurut sebuah survei oleh Morgan Stanley, 78 persen responden melaporkan perasaan tertekan secara finansial.

Pandemi menjadi salah satu alasan masalah tekanan finansial memburuk. Seorang pemilik usaha kecil di Oakland, California, seperti yang dilansir dari Healthline, dia merasa baik-baik saja secara finansial sebelum pandemi. Sekarang, setelah pandemi, uang terus menjadi tekanan yang membuatnya terjaga tiap malam.

Kesehatan finansial yang didefinisikan oleh Financial Health Network merupakan hubungan dinamis dari sumber daya keuangan dan ekonomi seseorang sebagaimana diterapkan atau memengaruhi keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial. Ada tiga kategori kesehatan keuangan, yakni rentan, mengatasi, dan sehat.

Sementara itu, tekanan finansial adalah suatu kondisi yang merupakan hasil dari peristiwa keuangan dan/atau ekonomi yang menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, rasa kekurangan, dan disertai dengan respons stres fisiologis. Annie Harper, PhD, antropolog dan peneliti dari penelitian tahun 2014 Universitas Yale mencatat bahwa mayoritas peserta penelitian yang terlilit hutang sangat stres karena itu.

Tekanan finansial dapat berdampak negatif pada keputusan keuangan, seperti menyebabkan pengeluaran yang berlebihan atau yang terlalu sedikit. Kondisi tekanan keuangan ini mirip dengan seseorang yang dapat makan secara emosional atau sangat membatasi pola makan karena stres. Annie menyarankan bahwa jika masalah keuangan seseorang diselesaikan, masalah lain juga dapat diselesaikan.

Untuk mengurangi bahkan menghilangkan tekanan finansial secara signifikan, perlu ada perombakan kebijakan publik dan perubahan yang signifikan dalam perusahaan. Sembari menunggu perubahan itu terjadi, ada beberapa langkah yang dapat diambil sebagai individu untuk memulihkan kesehatan finansial.

Berikut langkah-langkah agar finansial Anda sehat menurut pakar finansial Danetha Doe.

1. Mencari tahu benefit kesehatan keuangan yang didapat dari perusahaan

Jika Anda merupakan karyawan di perusahaan, bertanya lah ke orang-orang perusahaan mengenai benefit kesehatan finansial di sana. Hal-hal tersebut bisa termasuk pelatihan finansial dan asuransi.

2. Negosiasi hutang kartu kredit

Negosiasi dapat dilakukan melalui konsolidasi atau hanya meminta untuk mengurangi tarif. Anda bisa menghubungi ahli, seperti konsultan keuangan.

3. Latih kesadaran keuangan

Perhatian terhadap uang merupakan praktik membawa kesadaran pada keputusan keuangan. Pembelanjaan berlebihan dan berbagai bentuk kecemasan finansial adalah contoh akibat dari membuat keputusan keuangan secara tidak sadar.

4. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan dengan memiliki jadwal uang mengajarkan Anda cara membawa kesadaran pada semua keputusan keuangan dan berhenti sejenak untuk merayakan sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper