Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Asyik Tanpa Cemas, Ini Tips Kelola Keuangan dari Astra Life

Simak tips mengelola keuangan menjelang momen mudik Lebaran 2023 berikut ini.
Gerbang Tol Ujung Utama ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menyambung dengan Tol Transjawa siap digunakan saat mudik, penggunaan tol cisum daun berlaku secara fungsional dan gratis bagi pemudik yang melintas seksi 4 - 6 atau Cimalaka - Ujung Jaya. /Bisnis-Muhammad Olga 
Gerbang Tol Ujung Utama ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menyambung dengan Tol Transjawa siap digunakan saat mudik, penggunaan tol cisum daun berlaku secara fungsional dan gratis bagi pemudik yang melintas seksi 4 - 6 atau Cimalaka - Ujung Jaya. /Bisnis-Muhammad Olga 

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) memberikan sederet tips mengelola keuangan menjelang momen mudik Lebaran 2023.

Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life Windy Riswantyo mengatakan mudik menjadi momen satu kali dalam setahun yang ditunggu bagi masyarakat, khususnya keluarga muda untuk bertemu keluarga. Adapun, momen ini juga harus dipersiapkan baik, baik dari segi kesehatan maupun keuangan.

“Jika tidak direncanakan dengan baik, maka mudik bisa menghabiskan uang yang berlebih, bahkan dapat mengganggu kondisi finansial ke depannya,” kata Windy dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4/2023).

Selain itu, lanjut Windy, anggaran mudik setiap individu juga akan berbeda baik bagi yang masih dalam status lajang (single) maupun sudah menikah.

“Agar terhindar dari sikap boros khususnya bagi keluarga muda, kami secara konsisten mengedukasi masyarakat untuk tidak lupa tetap memperhatikan kondisi kesehatan keuangan agar memiliki finansial track yang jelas dan juga menjaga kondisi kesehatan tubuh serta pastikan agar selalu terproteksi dengan asuransi jiwa,” ujarnya.

Berikut adalah empat tips dari Astra Life agar kondisi keuangan untuk mudik yang tetap sehat. Simak tipsnya:

1. Rencana mudik yang jelas

Windy menyampaikan agar rencana mudik bisa berjalan dengan lancar, usahakan untuk membuat rencana dari jauh-jauh hari. Jika belum, mulailah dari hari ini, yakni mulai dengan mengikuti rencana mudik tahun lalu untuk kemudian menyesuaikan beberapa persiapan mudik untuk tahun ini.

“Rencana ini tak hanya dari waktu dan lamanya mudik saja, tetapi juga pengeluaran selama mudik,” jelasnya.

Selain itu, penting juga untuk mulai menentukan akomodasi yang ingin digunakan selama mudik, seperti pesawat hingga kereta.

Namun, jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, usahakan mempersiapkan uang untuk bahan bakar dan cek kondisi kendaraan.

“Itu dilakukan untuk menghindari kemungkinan yang terjadi di tengah perjalanan seperti ban bocor dan lainnya yang menyebabkan boncos,” tambahnya.

2. Kelola THR sebaik mungkin

Berikutnya, uang tunjangan hari raya atau THR bisa digunakan untuk keperluan mudik dengan menyiapkan rekening khusus untuk keperluan mudik. Sebab, pengeluaran mudik bisa membengkak jika tidak dialokasikan dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

“Maka dari itu, perlu memiliki rekening atau tabungan khusus yang memang sengaja dipersiapkan untuk keperluan mudik,” terangnya.

Selain untuk keperluan mudik, sisihkan sebagian THR untuk zakat fitrah atau sedekah (20 persen), tabungan jangka panjang seperti investasi (10 persen), tabungan (10 persen), dan dana darurat (15 persen).

3. Konsisten dengan anggaran yang sudah ditetapkan

Selain mempersiapkan rekening atau tabungan khusus, perlu juga untuk menetapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Windy menilai bahwa hal ini penting dilakukan agar pengeluaran yang dihabiskan selama mudik tidak melebihi anggaran dan sesuai dengan target yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

4. Pastikan sudah memiliki asuransi

Tips mudik lainnya adalah dengan memiliki asuransi. Kehadiran asuransi diharapkan bisa mendukung tujuan keuangan (financial goals) yang telah ditetapkan sebelumnya serta memitigasi berbagai risiko yang mungkin atau berpotensi terjadi di masa depan.

Kecelakaan di luar kontrol mengingatkan akan adanya kebutuhan untuk proteksi diri dan keluarga dengan asuransi yang menawarkan perlindungan saat mudik lebaran hingga perlindungan jiwa untuk mudik lebih aman dan nyaman untuk diri sendiri dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper