Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serangan Siber, Bank Syariah Indonesia Buka Layanan Operasional 434 Kantor Cabang Akhir Pekan Ini

Serangan siber ditangkal, PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) beri kompensasi dengan membuka layanan operasional 434 kantor cabang pada akhir pekan ini.
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) berkomitmen untuk meningkatkan layanan perbankan kepada nasabah dengan menyiagakan 434 kantor cabang se-Indonesia (dari sekitar 1.100 kantor cabang) untuk membuka layanan operasional pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (13-14 Mei 2023).

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi mengatakan, seiring dengan pulihnya layanan perbankan akibat serangan siber, BSI membuka kegiatan operasional di luar hari kerja atau pada hari libur agar nasabah mendapatkan layanan yang dibutuhkannya.

“Layanan yang diberikan antara lain layanan transaksi tarik dan setor, layanan pemindahbukuan. BSI juga membuka operasional pada akhir pekan ini untuk layanan customer care,” ujarnya, Sabtu (13/5/2023).

Layanan lain yang dapat dilakukan oleh nasabah melalui kantor cabang BSI pada akhir pekan ini, katanya, yakni penyetoran, khusus untuk nasabah institusi dan mitra bayar.

Kantor-kantor cabang yang membuka layanan pada akhir pekan ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti di sekitar Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Bengkulu, dan Bandar Lampung di Sumatera.

Kemudian, di sejumlah kantor cabang di sekitar Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya di Pulau Jawa. Tidak ketinggalan sejumlah daerah di Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Bali dan Nusa Tenggara, serta Papua.

Selengkapnya, daftar kantor cabang yg membuka layanan pada akhir pekan dapat diketahui nasabah melalui BSI Call 14040.

Hery memastikan bahwa seluruh layanan perbankan sudah pulih, a.l. layanan BI Fast maupun RTGS. “Kalau sudah terkoneksi dengan BI Fast, misalnya, tentu layanan sudah normal kembali. Kalau belum kan tidak mungkin Bank Indonesia mau membuka koneksi layanan tersebut,” ungkap Hery.

Layanan Pelunasan Biaya Haji Mobile Banking BSI Pulih

Terkait layanan haji tahun 2023, BSI menyatakan bahwa pelunasan dana haji calon jamaah haji telah mencapai 97,67 persen atau 157.775 orang calon jemaah.

Khusus pada Jumat (12/5/2023), BSI melayani pelunasan biaya haji sebanyak 4.303 calon jamaah, di mana sekitar 208 nasabah melakukan pelunasan melalui mobile banking yakni BSI Mobile.

“Pada Jumat kemarin, BSI sudah menginstruksikan setiap cabang turun ke lapangan dan menjemput bola agar seluruh calon jemaah haji bisa melunasi biaya haji 2023,” kata Hery.

Dia menegaskan pihaknya senantiasa meningkatkan dan melakukan perbaikan pengamanan sistem IT perseroan berdasarkan pedoman dan standar yang ditetapkan.

“Gangguan di IT BSI sebenarnya telah dapat dipulihkan (recover operation) segera dan ini merupakan response recovery yang baik. Prioritas utama kami menjaga data dan dana nasabah,” tegasnya.

Dia menuturkan bahwa BSI juga terus memperkuat keamanan teknologi perseroan dalam divisi khusus yang berada di bawah CISO (Chief Information and Security Officer). “ CISO ini kerjanya sama seperti satpam fisik, melakukan ronda, tapi ronda dari sisi teknologi. CISO akan melihat titik-titik weak point yang harus ditutup. Itu adalah satu upaya untuk melindungi data-data nasabah,” kata Hery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Gajah Kusumo
Editor : Gajah Kusumo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper