Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesulitan Hadapi Kondisi Finansial Pasca Lebaran? Simak 5 Tips dari Danamon

Pengeluaran yang berlebihan, terkadang jadi bikin hati cemas dan tidak fokus.
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com - Di Indonesia, momen berkumpul dengan keluarga seperti pada momen Lebaran telah menjadi salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat. Namun, seringkali momen ini menjadi ajang timbulnya pertanyaan-pertanyaan sensitif dari sanak keluarga yang menyangkut hal personal hingga finansial. Akhirnya, pertanyaan tersebut pun bisa memberi dampak menimbulkan perasaan cemas akan kondisi finansial atau yang biasa disebut Financial Anxiety.

Financial Anxiety atau kecemasan finansial merupakan merupakan suatu perasaan ketakutan, kekhawatiran, atau cemas yang dapat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang, terutama dikarenakan kurangnya persiapan dalam menghadapi pengeluaran. 

Selain pertanyaan-pertanyaan sensitif dan kurangnya persiapan lebaran, terdapat juga berbagai faktor lainnya yang dapat menimbulkan financial anxiety, seperti utang yang menumpuk, penghasilan yang tidak stabil, biaya hidup yang tinggi, ketidakpastian ekonomi secara umum.

Melihat hal tersebut, Head of Wealth Management Bank Danamon Yulius Ardi mengatakan kini pihaknya hadir menemani nasabah dan memberikan solusi finansial menyeluruh melalui produk-produk keuangannya agar nasabah dapat memiliki kestabilan finansial sekaligus mengatasi kecemasan finansial. 

Berikut 5 tips mengelola keuangan dari Danamon melalui gerakan #LawanCemasFinansial agar masyarakat tetap tenang dan dapat memiliki keuangan yang stabil setelah melewati momen lebaran:

1. Overspending saat Lebaran? Wajib punya rencana keuangan!

Pengeluaran yang berlebihan, terkadang jadi bikin hati cemas dan tidak fokus. Masyarakat kini disarankan mulai merencanakan keuangan dengan baik lewat berbagai aplikasi keuangan, seperti D-Bank Pro yang menawarkan kemudahan transaksi finansial, di mana transaksi juga bisa di cek secara real time di aplikasi.

"Dengan membuat perencanaan keuangan, masyarakat dapat dengan jelas mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki saat ini, termasuk alur pendapatan dan pengeluarannya. Sebagai permulaan, buatlah perencanaan keuangan yang sederhana dengan mencatat penghasilan dan pengeluaran setiap harinya agar dapat mengetahui dana yang tersedia untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Harapannya, perencanaan yang matang dapat membantu meraih kondisi keuangan yang stabil,” ungkap Yulius, Senin (15/5/2023).

2. Belanja impulsive bisa membuat uang habis pasca lebaran

Untuk menghindari pembelian yang berlebihan selama momen lebaran, masyarakat bisa memanfaatkan kartu kredit. Dengan kartu kredit, bisa mengatur cash flow dan mengecek saldo serta transaksi pembelian secara real time. Jadi bisa mengecek berapa dana yang Anda sudah dihabiskan guna menghindari pembelian impulsif.

“Banyak kelebihan dari menggunakan kartu kredit, seperti kartu kredit Danamon, mulai dari diskon makanan dan minuman di berbagai merchant, cicilan mulai dari 0% dengan tenor hingga 36 bulan, poin rewards yang menarik, akses gratis di beberapa airport lounge di Indonesia, serta fasilitas penarikan tunai. Keuntungan dan fitur yang ditawarkan oleh kartu kredit Danamon tentu akan membantu nasabah dalam mengatur keuangan mereka lebih baik lagi,” ungkap Consumer Lending Business Head Danamon, Reza Rusly.

3. Hindari pengeluaran tidak terduga dari kendaraan

Jangan mudah kemakan gengsi agar punya dengan mobil dengan menghabiskan seluruh tabungan dan alhasil boncos. Gunakan produk pembiayaan seperti KPM Prima Danamon karena memiliki proses cepat dan jangka waktu cicilan hingga 60 bulan. Tabungan tetap aman dan Anda tetap bisa memiliki mobil impian.

Ketika berada dalam situasi ini, cobalah untuk tenang dan jangan membandingkan kondisi keuangan pribadi dengan orang lain karena masing-masing memiliki pencapaian yang pastinya berbeda. Hal yang sama juga disampaikan oleh Psikolog Keluarga, Ayank Irma bahwa membandingkan diri dengan orang lain dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang lebih besar, terutama jika anda merasa kurang dari orang lain. Dengan tidak membandingkan diri dengan orang lain, maka dapat fokus pada solusi dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi kecemasan finansial. 

4. Lebih Terbuka, Apalagi Soal Finansial!

Seringkali momen berkumpul bersama keluarga menimbulkan rasa cemas, apalagi ketika ditanya soal finansial. Mulai dari pertanyaan personal, seperti kapan menikah? Kapan punya anak hingga pencapaian pribadi. Bicara soal tempat tinggal, kini Bank Danamon hadir dengan solusi produk KPR Danamon yang sudah bekerja sama dengan developer terpercaya dan menawarkan bunga bersaing serta jangka waktu fleksibel.

Bank Danamon hadir menawarkan solusi keuangan menyeluruh untuk Anda yang ingin mewujudkan rumah impian dengan KPR Danamon. Banyak keunggulan yang bisa didapatkan nasabah, mulai dari suku bunga kompetitif, plafon pinjaman yang besar sampai Rp15 miliar, proses pengajuan cepat, jangka waktu fleksibel sampai 20 tahun, hingga bisa melunasi KPR lebih cepat. Hal ini tentu akan membantu Anda mengatur keuangan jangka panjang karena waktu cicilan yang fleksibel.

1684172445_08a8e64a-1d60-47cf-926f-9bfdbb9223fd.
1684172445_08a8e64a-1d60-47cf-926f-9bfdbb9223fd.

Tips menghadapi kondisi finansial pasca lebaran - Danamon

5. Pintar Cari Solusi Keuangan yang Tepat!

Cari bantuan dari lembaga keuangan yang terpercaya yang dapat memberikan informasi dan layanan mengenai produk-produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Selain itu, persiapkan keuangan di masa depan dengan menggunakan produk keuangan yang tepat seperti tabungan, asuransi hingga investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper