Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Mikhail Pavlovich Matveev, WN Rusia yang Diduga Biang Kerok Ransomware LockBit

Sosok Mikhail Pavlovich Matveev menjadi orang yang paling dicari FBI terkait ransomware LockBit.
Mikhail Pavlovich Matveev, biang kerok hacker LockBit
Mikhail Pavlovich Matveev, biang kerok hacker LockBit

Bisnis.com, SOLO - Departemen Kehakiman AS telah menetapkan Mikhail Pavlovich Matveev sebagai biang kerok ransomware LockBit, yang belakangan viral di Indonesia karena menyerang sistem keamanan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Saat ini, Matveev telah masuk dalam daftar pencarian paling atas FBI. Akan tetapi, AS tampaknya akan kesulitan menangkap Matveev karena ia saat ini sedang berada di Rusia.

Karena masalah geo-politik yang terjadi, kecil kemungkinan pemerintah Rusia akan membantu AS menangkap Matveev.

Dalam keterangan Departemen Kehakiman AS, Matveev diduga merupakan afiliasi ransomware produktif yang saat ini berbasis di Rusia.

Matveev telah dikaitkan dengan berbagai varian ransomware termasuk Lockbit, Babuk, dan Hive yang telah banyak menimbulkan kerusakan.

Dia juga diduga melakukan serangan signifikan terhadap Amerika Serikat dan bisnis di seluruh dunia, termasuk infrastruktur penting.

Matveev juga telah diidentifikasi sebagai salah satu pengembang/administrator di balik varian ransomware Babuk. Matveev telah didakwa dengan beberapa serangan Lockbit untuk memasukkan departemen kepolisian yang berlokasi di New Jersey.

Orang di balik layar LockBit ini juga telah didakwa dengan beberapa serangan Babuk termasuk serangan terhadap Departemen Kepolisian Metropolitan Washington DC.

Selain itu, Matveev telah didakwa dengan tuduhan konspirasi terkait Hive dan kerusakan yang disengaja pada komputer yang dilindungi,

Pada 6 Desember 2022, Matveev didakwa dengan Kerusakan yang Disengaja pada Komputer yang Dilindungi; Ancaman yang Berkaitan dengan Komputer yang Dilindungi; dan Membantu dan Bersekongkol di Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Columbia, Washington, DC, dan surat perintah federal dikeluarkan untuk penangkapannya.

Pada 8 Desember 2022, Matveev didakwa dengan Intrusi Komputer dan Konspirasi di Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik New Jersey, Newark, New Jersey, dan surat perintah federal dikeluarkan untuk penangkapannya.  

Saat ini, pemerintah AS bahkan membuat sayembara akan memberikan imbalan 10 juta dollar (Rp149 miliar) bagi siapa saja yang bisa memberi informasi tentang Mikhail Pavlovich Matveev.

Profil Mikhail Pavlovich Matveev:

Tanggal Lahir: 17 Agustus 1992

Rambut: Cokelat

Mata: Biru / Abu-abu

Jenis kelamin: Pria

Bahasa: Rusia

Ciri-ciri lainnya: Matveev memiliki tato lengan penuh di lengan kanannya yang mencakup benda langit seperti bulan, planet, dan meteor, serta makhluk laut seperti ikan besar dan ikan pari. Dia hanya memiliki empat jari di tangan kirinya, di mana dia kehilangan jari manis kirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper