Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Cara Sederhana untuk Menghemat Uang, Dijamin Anti Gagal!

Simak 8 cara sederhana untuk mengemat uang dan menabung dengan benar. Dijamin anti gagal!
Ilustrasi menabung dengan benar dan anti gagal/ Dok Freepik.com
Ilustrasi menabung dengan benar dan anti gagal/ Dok Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – "Hemat pangkal kaya". Pepatah klasik tersebut sepertinya masih dapat terapkan di tengah gempuran konsumerisme saat ini. Selain itu, gaya hidup seperti frugal living dan slow living juga mulai diterapkan oleh berbagai kalangan agar tidak terjerat hidup boros. 

Beberapa orang merasa kesulitan menemukan cara menghemat uang yang benar. Meski sudah tahu strateginya, banyak orang merasa kesulitan untuk menabung secara konsisten.

Imbasnya, mereka sering terjerat dalam gaya hidup yang boros hingga akhirnya kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mendadak karena tidak dapat mengelola keuangan secara bijak.

Padahal, dengan menghemat uang dan menabung yang benar, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat, salah satunya bisa mempersiapkan dana darurat atau tujuan finansial lain, seperti liburan, membeli kendaraan, hingga memiliki rumah. 

Bagi Anda yang kesulitan menabung, berikut tips jitu untuk menghemat uang yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dilansir dari situs Better Money Habits pada Senin (1/8/2023). 

8 Cara Sederhana untuk Menghemat Uang

1. Catat pengeluaran Anda

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak yang Anda belanjakan. Pantau semua pengeluaran serta catat dengan detail, dimulai dari hal yang paling mendasar, misalnya kebutuhan makan dan belanja bulanan.

Setelah Anda memiliki data, atur angka berdasarkan kategori, seperti kebutuhan anda dan jumlahkan serta setiap jumlahnya. Gunakan laporan kartu kredit dan transaksi bank untuk memastikan Anda telah memasukkan semuanya.

2. Siapkan Budget untuk Berhemat

Sekarang mengetahui apa yang Anda belanjakan dalam sebulan, Anda dapat mulai membuat anggaran atau budgeting. Anggaran Anda harus menunjukkan pengeluaran secara relatif terhadap pendapatan Anda. Dengan demikian, Anda dapat merencanakan pengeluaran dan membatasi pengeluaran berlebihan.

Buatlah kategori penghematan dalam anggaran dan usahakan untuk menghemat jumlah yang awalnya terasa nyaman bagi Anda.
Rencanakan untuk akhirnya meningkatkan tabungan Anda hingga 15-20 persen dari total penghasilan per bulan. Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran yang terjadi secara rutin, tetapi tidak setiap bulan, seperti perawatan mobil.

3. Pangkas Pengeluaran 

Jika Anda tidak dapat menabung, cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengurangi pengeluaran. Identifikasi hal-hal yang tidak penting, seperti hiburan dan makan malam, yang dapat Anda belanjakan lebih sedikit.

Carilah cara untuk menghemat biaya tetap bulanan Anda. Beberapa cara untuk memangkas pengeluaran sehari-hari, seperti cari aktivitas gratis atau berbiaya rendah, tinjau tagihan berulang (langganan), batalkan langganan dan keanggotaan yang tidak Anda gunakan (terutama jika diperpanjang secara otomatis), kurangi makan di luar, serta beri waktu sebelum Anda memutuskan membeli barang. 

4. Tetapkan Tujuan Menabung

Cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan. Anda dapat memulai dengan mencari tujuan tepat mengapa Anda ingin menabung. Kemudian perkirakan berapa banyak uang yang Anda perlukan dan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyimpannya.

Tujuan menabung:

  • Jangka pendek, antara lain dana darurat (biaya hidup 3-9 bulan), liburan, atau uang muka untuk mobil
  • Jangka panjang, antara lain uang muka untuk rumah atau proyek renovasi, pendidikan, atau dana pensiun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper