Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Cara Sederhana untuk Menghemat Uang, Dijamin Anti Gagal!

Simak 8 cara sederhana untuk mengemat uang dan menabung dengan benar. Dijamin anti gagal!
Ilustrasi menabung dengan benar dan anti gagal/ Dok Freepik.com
Ilustrasi menabung dengan benar dan anti gagal/ Dok Freepik.com

5. Tentukan Prioritas Keuangan

Setelah pengeluaran dan pendapatan Anda, tujuan Anda cenderung memiliki dampak terbesar pada cara Anda mengalokasikan tabungan Anda. Misalnya, jika Anda tahu Anda akan perlu mengganti mobil Anda dalam waktu dekat, maka Anda dapat mulai menyisihkan uang untuk membeli mobil sekarang.

Namun, pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang penting agar perencanaan pensiun tidak mengabaikan kebutuhan jangka pendek. Mempelajari bagaimana memprioritaskan tujuan tabungan Anda dapat memberi gambaran yang jelas tentang bagaimana mengalokasikan tabungan. 

6. Pilih Instrumen yang Tepat 

Saat ini, banyak  tawaran investasi dan rekening tabungan dari lembaga perbankan. Perhatikan baik-baik semua opsi dan pertimbangkan minimum saldo, biaya, suku bunga, risiko, dan seberapa cepat Anda membutuhkan uang. 

Jika Anda menambung untuk jangka pendek, Anda bisa memilih produk deposito atau reksa dana pasar uang karena risiko yang kecil. Namun, apabila Anda ingin menabung untuk jangka panjang, Anda bisa mempertimbangkan instrumen seperti surat utang negara (SUN), reksa dana campuran, atau saham-saham. Produk investasi ini tersedia melalui akun investasi di broker dan dealer


7. Membuat Tabungan Autodebet

Saat ini, hampir semua bank menawarkan transfer otomatis antara rekening giro dan tabungan Anda atau yang dikenal dengan istilah tabungan autodebet. Anda dapat memilih kapan, berapa banyak dan kemana mentransfer uang atau bahkan membagi setoran langsung kepada Anda.

Keuntungannya anda tidak perlu memikirkan waktu untuk transfer uang setiap bulan sehingga uang Anda tidak terpakai untuk hal-hal yang tak penting. 

Alat tabungan ini memiliki cara kerja yang memberikan kemudah lainnya, termasuk hadiah kartu kredit dan program perubahan cadangan, dimana menyimpan serta membantu proses transaksi ke dolar terdekat dengan selisihnya ke rekening tabungan atau investasi.


8. Perhatikan Pertumbuhan Tabungan

Pastikan selalu kemajuan tabungan Anda setiap bulan. Hal itu akan membantu Anda tidak hanya berpegang pada rencana tabungan pribadi Anda, tetapi juga mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat.

Memahami cara menghemat uang bahkan dapat mendorong Anda untuk menemukan lebih banyak cara untuk menabung dan mencapai tujuan Anda lebih cepat. Jangan lupa untuk memilih lembaga perbankan atau broker terpercaya agar uang Anda dapat tumbuh secara maksimal.

Yuk, mulai nabung!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper