Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Muamalat Beberkan Strategi Gaet Nasabah Milenial

Bank Muamalat tengah menyiapkan strategi untuk menggaet nasabah milenial seiring dengan dominasi pengguna aplikasi mobile banking oleh kalangan muda.
Karyawati beraktivitas di depan kantor cabang PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Abdurachman
Karyawati beraktivitas di depan kantor cabang PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Keuangan dan Strategi PT Bank Muamalat Tbk Suhendar tengah menyiapkan strategi demi menyasar pasar milenial. Hal ini tercermin dari pertumbuhan pengguna aplikasi mobile banking Bank Muamalat yang mencapai 60.000 nasabah baru per Juni 2023.

Menurutnya, 90 pesen transaksi nasabah sudah beralih ke digital. Sehingga, ini menjadi penting dan makin relevan, lantaran generasi milenial menjadi kelompok terbesar masyarakat Indonesia dewasa ini, sebagai nasabah utama perbankan di masa depan.

“Mayoritas pengguna aplikasi mobile banking itu didominasi milenial ya, kami saat ini fokus ke Muamalat DIN, karena dengan nasabah aktif hampir 500.000 orang, saldo di sana [Muamalat DIN] pun terkerek naik mencapai Rp8 triliun. Sehingga, kami berupaya menghadirkan beragam fitur lengkap guna memenuhi kebutuhan nasabah muda dengan tambahan rewards,” ujarnya dalam agenda Media Visit di Bisnis Indonesia, Rabu (6/9/2023).

Saat ini, dia menyebut Muamalat DIN sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang menjawab berbagai kebutuhan nasabah. Selain pembukaan rekening online, Muamalat DIN juga dapat digunakan untuk melakukan unduh mutasi rekening elektronik atau e-statement, tarik tunai di gerai Indomaret, pembayaran tagihan, hingga transaksi pembayaran menggunakan QRIS.

Di aplikasi Muamalat DIN juga sudah tersedia menu Bank Haji yang bisa diakses oleh nasabah maupun non-nasabah Bank Muamalat.

Dalam menu tersebut, terdapat fitur pendaftaran haji, pelunasan haji, dan pengecekan nilai manfaat haji terkini serta terdapat pula fitur konten Islami seperti kalkulator zakat, jadwal salat dan arah kiblat.

Tak hanya itu, saat ini Muamalat DIN memiliki fitur Digital Customer On Board yang memungkinkan calon nasabah membuka rekening baru melalui smartphone dari mana saja tanpa perlu datang ke kantor cabang. 

Pacu Pertumbuhan Pengguna Baru  

Lebih lanjut, pihaknya juga tengah memacu pertumbuhan jumlah pengguna baru aplikasi mobile banking Muamalat DIN, dengan menggelar program Customer Get Customer yang diharapkan dapat mengakselerasi jumlah pengguna baru Muamalat DIN tahun ini.

“Nasabah aktif itu kemudian kita fasilitasi, kalau mereka dapetin customer ya kita kasih mereka dua hadiah. Hadiah langsung dan undian haji, Jadi, dengan cara ini kita optimistis mengejar target hingga 300.000 nasabah baru di sisa akhir 2023,” ucap Suhendar.

Program ini menyediakan hadiah bagi nasabah yang dapat mengajak orang lain untuk membuka rekening melalui Muamalat DIN selama periode 12 Juli hingga 31 Desember 2023. Hadiah bulanan program ini berupa emas seberat 50 gram untuk 50 nasabah. Adapun hadiah utamanya berupa porsi haji untuk 30 nasabah terpilih pada akhir periode.

Sebagai informasi, per 30 Juni 2023, total pengguna aplikasi Muamalat DIN tercatat sekitar 434.000. Angka ini meningkat 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada akhir 2023, pionir bank syariah di Tanah Air ini menargetkan jumlah pengguna Muamalat DIN mencapai lebih dari 670.000.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto pun menyinggung perihal aspek keamanan, di mana Muamalat DIN sudah dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru seperti biometric login dan auto read One Time Password (OTP).

“Inovasi tersebut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin bertransaksi secara seamless, praktis dan aman,” tutupnya dikutip dari keterangan resmi yang diterima Bisnis beberapa waktu lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper