Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri (BMRI) Lepas Seluruh Saham AXA Insurance Indonesia

Bank Mandiri (BMRI) akhirnya melepas keseluruhan sahamnya dengan porsi 20 persen di PT AXA Insurance Indonesia.
Karyawan melayani nasabah AXA Mandiri di  Jakarta, Rabu (3/1/2021). Bisnis/Abdurachman
Karyawan melayani nasabah AXA Mandiri di Jakarta, Rabu (3/1/2021). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (persero) Tbk. (BMRI) telah melepas keseluruhan sahamnya dengan porsi 20 persen di PT AXA Insurance Indonesia yang sebelumnya bernama PT Mandiri AXA General Insurance.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Bank Mandiri memiliki 138.000 saham yang mewakili 20 persen modal ditempatkan dan disetor di AXA Insurance Indonesia. Kemudian, pada 4 Oktober 2023, secara resmi Bank Mandiri telah mengalihkan seluruh saham miliknya di AXA Insurance.

Pelepasan itu masing-masing sebesar 69.000 saham atau porsi kepemilikan 10 persen di AXA Insurance kepada Anil Panjwani. Lalu, 69.000 saham atau porsi kepemilikan 10 persen kepada Manoj Ramkrashin Tolani. Baik Anil dan Manoj bertindak sebagai para pembeli transaksi.

"Setelah dilakukannya pengalihan Saham tersebut, maka selanjutnya perseroan tidak lagi memiliki saham di AXA Insurance Indonesia," tulis Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Atturidha di keterbukaan informasi yang dikutip Kamis (5/10/2023).

BMRI juga menjelaskan bahwa nilai penjualan saham tidak mencapai 20 persen dari total nilai ekuitas perseroan, sehingga transaksi tersebut bukan merupakan transaksi material sebagaimana dimaksud Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 17/POJK.04/2020.

Transaksi tersebut juga bukan merupakan transaksi afiliasi dan transaksi benturan kepentingan sebagaimana dimaksud POJK No. 42/POJK.04/2020.

Aestika menjelaskan transaksi pelepasan keseluruhan saham di AXA Insurance Indonesia merupakan bagian dari strategi perseroan dalam memperkuat konsolidasi perusahaan anak di Bank Mandiri Group. Dengan begitu, Bank Mandiri juga mengharapkan hasil investasi yang optimal.

Sebelumnya, Bank Mandiri juga melepas 40 persen kepemilikan saham di Mandiri AXA General Insurance, tepatnya pada Nopember 2018. 

"Penting untuk dicatat bahwa transaksi ini juga tidak akan mengakhiri kerjasama bancassurance oleh perseroan dengan AXA Insurance Indonesia," tulis Rudi. 

Selain itu, transaksi pelepasan keseluruhan saham tidak memiliki dampak terhadap seluruh kerjasama di antara BMRI dengan AXA Group melalui PT AXA Mandiri Financial Services.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper