Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susut Tipis, Rugi Bersih Bank Aladin Rp145,73 Miliar pada Kuartal III 2023

Bank digital syariah Bank Aladin (BANK) masih mencatatkan rugi bersih Rp145,73 miliar pada kuartal III/2023.
Karyawati menggunakan aplikasi mobile Bank Aladin di Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawati menggunakan aplikasi mobile Bank Aladin di Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank digital berbasis syariah PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) masih mencatatkan rugi bersih Rp145,73 miliar pada kuartal III/2023, susut tipis dibandingkan dengan kerugian pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp146,41 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan, menyusutnya posisi kerugian ini ditopang oleh pendapatan setelah distribusi bagi hasil yang naik empat kali lipat lebih menjadi Rp157,74 miliar pada September 2023. Selain itu, pendapatan berbasis komisi (fee based income) BANK naik tiga kali lipat menjadi Rp12,61 miliar.

Presiden Direktur Bank Aladin Syariah Dyota Marsudi mengatakan sampai dengan kuartal III/2023, Bank Aladin Syariah telah melakukan banyak pencapaian kinerja yang memberikan dampak positif bagi kinerja bisnis.

"Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah pengguna yang teregistrasi dan penghimpunan DPK [dana pihak ketiga] yang terus meningkat. Tidak hanya itu, pembiayaan Bank Aladin Syariah juga terus tumbuh dengan kualitas aset yang masih sangat terjaga," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa (31/10/2023).

Bank Aladin Syariah telah menyalurkan pembiayaan Rp4,94 triliun pada kuartal III/2023, naik 81% dibandingkan posisi Desember 2022. 

Dyota mengatakan pertumbuhan pesat pembiayaan berasal dari kolaborasi ekosistem Bank Aladin Syariah dengan Alfamart Group dalam penyaluran produk pembiayaan invoice financing, pembiayaan modal kerja, dan pembiayaan investasi untuk nasabah UMKM serta korporasi. Terdapat pula pembiayaan multiguna untuk nasabah ritel. 

Kinerja pembiayaan manpu mendorong aset Bank Aladin Syariah pada kuartal III/2023 tumbuh 28% dibandingkan pada posisi Desember 2022.

Dari sisi penghimpunan dana, aplikasi Bank Aladin Syariah tercatat telah diunduh sebanyak lebih dari 5 Juta nasabah. Sementara pengguna yang teregistrasi secara aktif mencapai lebih dari 3 juta nasabah di seluruh Indonesia.

DPK Bank Aladin Syariah pada kuartal III/2023 sendiri naik 256% dibandingkan dengan posisi Desember 2022. Pertumbuhan DPK ini didasari dengan persebaran nasabah baik dari sisi korporasi maupun nasabah ritel Bank Aladin Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper