Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Menggunakan Kartu Kredit agar Tidak Boncos

Kartu kredit dapat menimbulkan malapetaka pada keuangan pemegang kartu.
Ilustrasi konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu kredit/Freepik
Ilustrasi konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu kredit/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Memiliki kartu kredit membantu memenuhi kebutuhan secara cepat walaupun belum memiliki uang. Namun, banyak orang yang memiliki kartu kredit justru menjadi lebih konsumtif. 

Kartu kredit adalah sepotong plastik atau logam berbentuk persegi panjang yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan jasa keuangan yang memungkinkan pemegang kartu meminjam dana untuk membayar barang dan jasa dengan pedagang yang menerima kartu untuk pembayaran. 

Kartu kredit memberlakukan ketentuan bahwa pemegang kartu membayar kembali uang yang dipinjam, ditambah bunga yang berlaku, serta biaya tambahan yang disepakati, baik secara penuh pada tanggal penagihan atau seiring berjalannya waktu.

Menggunakan kartu kredit bisa sangat menguntungkan bagi individu, tetapi kartu kredit juga memiliki kelemahan. Jika digunakan secara tidak tepat, kartu kredit dapat menimbulkan malapetaka pada keuangan pemegang kartu.

Selain itu, masalah lainnya adalah pemegang kartu mungkin saja tidak akan hidup dengan tenang karena dikejar-kejar oleh debt collector atau penagih utang ketika pemegang kartu telat membayar cicilan. 

Untuk itu, sebelum hal itu terjadi lebih jauh maka mulailah dengan menerapkan penggunaan kartu kredit yang lebih sehat. 

Dilansir dari realsimple.com pada Jumat (3/11/2023), ada beberapa kebiasaan penggunaan kartu kredit sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti:

1. Perhatikan Saldo Kartu

Kartu kredit dapat mempengaruhi peningkatan pengeluaran. Dengan kartu kredit, plafon kamu adalah batas pengeluaran yang mungkin jauh lebih tinggi daripada kemampuan membayar kembali. Selain itu, kartu kredit kini lebih mudah untuk membeli topi, tas, atau tiket konser baru secara impulsif hanya dengan satu klik atau ketuk secara online. 

Itulah mengapa sangat penting untuk waspada terhadap keputusan pembelian dan saldo. Penting untuk selalu memantau jumlah tagihan pada kartu kredit karena tingkat suku bunga bisa sangat tinggi. 

Biasakan untuk melunasi saldo secara penuh setiap bulan untuk menghindari lereng licin yang semakin menumpuknya utang kartu kredit.

2. Ketahui Kekuatan dan Batasan Kartu Kredit

Salah satu manfaat menggunakan kartu kredit untuk pembelian sehari-hari adalah kemampuan melacak pengeluaran dan arus kas. Karena kartu kredit memberikan laporan rinci tentang di mana dan berapa banyak yang kamu belanjakan, hal ini sebenarnya dapat membuat penganggaran lebih mudah dibandingkan menggunakan uang tunai. 

Penting juga untuk memahami dimana manfaat kartu kredit dimulai dan diakhiri. Kartu kredit bukanlah sumber daya yang bagus untuk membayar hal-hal seperti uang sekolah, tagihan medis, dan pengeluaran besar atau berulang lainnya yang tidak dapat dilunasi dengan mudah atau cepat. Jadi, hindari memasukkan liburan keluarga besar ke dalam kartu jika tidak memiliki uang tunai untuk membayarnya kembali.

3. Pintar Memanfaatkan Manfaat Kartu Kredit

Banyak kartu kredit menawarkan pemantauan dan perlindungan penipuan sehingga kamu dapat memastikan kartu dan identitas tidak dicuri dan menyebabkan suatu tindakan yang berpotensi mendatangkan malapetaka pada kredit  dan bahkan dokumen identitas. 

Banyak kartu kredit juga menawarkan fasilitas lain seperti perlindungan harga, perpanjangan jaminan, dan manfaat perjalanan tambahan, seperti asuransi mobil sewaan, perlindungan perjalanan, bantuan pinggir jalan, dan banyak lagi.

Mengetahui apa yang tersedia bagi kamu dengan manfaat kartu kredit dapat membantu menjaga kesehatan keuangan dan menghemat uang untuk barang-barang yang biasanya kamu bayar sendiri. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper