Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tren Pertumbuhan Bisnis Kartu Kredit: Bank Menawarkan Ragam Pilihan

Ragam fasilitas telah dilekatkan oleh perbankan untuk para nasabah yang memiliki alat pembayaran kartu ini.
Ilustrasi konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu kredit/Freepik
Ilustrasi konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu kredit/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Kartu kredit telah menjadi alat pembayaran yang semakin penting saat ini. Ragam fasilitas telah dilekatkan oleh perbankan untuk para nasabah yang memiliki alat pembayaran kartu ini. Harga spesial untuk produk perjalanan, potongan harga barang rumah tangga, hingga fasilitas cicilan dengan bunga 0% untuk produk tertentu tersedia saat menggunakan kartu kredit melakukan pembayaran.

Doddy Ariefianto, pengamat perbankan dari Binus University menuturkan di tengah meningkatnya perekonomian Indonesia, penerbit kartu kredit berlomba menjalankan strategi mengikuti kebutuhan nasabah. Dengan melakukan pengelompokan berdasarkan limit kartu, setiap segmen nasabah akan menikmati layanan yang dekat dengan kebutuhan gaya hidupnya.

“Ada simbiosis mutualisme karena perbankan menawarkan solusi yang mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhannya dan perbankan menyalurkan kredit konsumer,” ujar dia.

Doddy menuturkan pembayaran dengan fasilitas kartu kredit berlimit rendah juga tengah menjadi tren saat ini. Meningkatnya kebutuhan kartu kredit jenis ini seiring tren belanja online, transportasi online, hingga keandalan digitalisasi perbankan yang menghubungkan kartu kredit dengan gaya hidup belanja online berbasis QRIS.

Menurutnya, dengan regulasi perbankan yang relatif lebih, nasabah kartu kredit juga semakin terseleksi. Pemilik kartu kredit telah diperiksa latar belakang keuangannya sehingga limit yang diberikan merupakan cerminan kemampuan bayar.

“Harus dipahami bahwa sebelum kartu kredit diterbitkan kepada nasabah, perbankan telah melakukan proses checking terkait profil risiko setiap nasabah melalui BI Checking dan SLIK OJK. Setiap nasabah akan mendapatkan skor atau rating kredit, yang mendasari bank menyetujui, tidak menyetujui, atau setuju dengan limit tertentu,” katanya.

Skor kredit, yang ditentukan dari kepatuhan membayar setiap nasabah, sangat menentukan persetujuan pemberian fasilitas kartu kredit, termasuk limit yang diperbolehkan untuk digunakan. Selain itu, pemilik kartu kredit adalah kelompok masyarakat yang memiliki penghasilan per bulan Rp3 juta ke atas. Regulator juga menetapkan nasabah dengan penghasilan Rp3 juta – Rp10 juta hanya boleh memiliki dan menggunakan dua kartu kredit dari penerbit yang berbeda.

Pertumbuhan bisnis kartu kredit sendiri diprediksi akan naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru sebagaimana setiap tahunnya. Permintaan kartu kredit terutama di sektor pariwisata dan belanja online di sejumlah e-commerce.

Sejauh ini dalam catatan Bank Indonesia, sepanjang semester I-2023 pertumbuhan bisnis kartu kredit mencapai 26,53% YoY, dengan nilai transaksi mencapai Rp33,67 triliun. Lonjakan ini sejalan dengan kenaikan volume transaksi sebesar 14,1% yang berasal dari 17,59 juta unit kartu kredit yang telah diterbitkan.

Unsecured Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Tresia Sarumpaet mengatakan, dalam menyalurkan setiap kredit, termasuk kartu kredit untuk kebutuhan kredit konsumer, pihaknya selalu mengacu pada asas kehati-hatian. Penilaian profil risiko menjadi penting untuk membantu nasabah menikmati nilai tambah secara berkelanjutan dari solusi pembayaran yang disediakan.

Di sisi lain, sebagai bank yang berorientasi pada kebutuhan nasabah, Danamon berkomitmen hadir dalam setiap tahap kehidupan nasabah. Karena itu, Danamon memiliki rangkaian produk kartu kredit yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan finansial setiap nasabah.

Danamon menyediakan Kartu Kredit Danamon Grab yang ditujukan sebagai kartu kredit pertama untuk generasi muda yang aktif bertransaksi digital, kemudian Kartu Kredit Danamon JCB Precious untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup segmen menengah atas yang memiliki aspirasi untuk mengoptimalkan keuangan serta gaya hidup, hingga Kartu Danamon American Express® yang ditujukan untuk segmen affluent dan high net worth yang identik dengan layanan istimewa dan kemewahan.

“Kami ingin membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan. Itulah sebabnya Danamon senantiasa menaati setiap peraturan yang berlaku dalam hal penyediaan fasilitas kartu kredit, sambil terus memberikan edukasi secara berkala kepada masyarakat. Tujuannya adalah agar nasabah dapat dengan bijak memilih produk kartu kredit yang tepat dengan profil, kondisi dan kebutuhan finansialnya, serta menghindarkan nasabah dari risiko gagal bayar,” tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper