Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Keuangan, Ini Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich

Generasi sandwich perlu berkomunikasi secara terbuka dengan anggota keluarga mengenai situasi keuangan dan tanggung jawab individu.
Generasi Sandwich adalah orang yang berkontribusi membantu keuangan keluarga yang berbeda generasi seperti kakek nenek, ayah ibu, dan adik-adik/ilustrasi
Generasi Sandwich adalah orang yang berkontribusi membantu keuangan keluarga yang berbeda generasi seperti kakek nenek, ayah ibu, dan adik-adik/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena generasi sandwich masih menjadi perhatian, termasuk di negara berkembang.

Generasi sandwich adalah fenomena di mana seseorang merawat atau memberikan dukungan kepada dua generasi yang berbeda secara bersamaan. Secara khusus, orang tua atau kakek-nenek dan adik-adiknya.

Meskipun beberapa orang menganggap ini sebagai pengabdian anak kepada keluarganya, tetapi fenomena ini dapat menghadirkan tantangan finansial, fisik, dan emosional yang signifikan.

Generasi sandwich memiliki dampak yang besar dalam kehidupan seperti kelelahan fisik dan mental, tingkat stres yang lebih tinggi, mudah khawatir, dan mengalami perasaan bersalah atau tidak puas.

Oleh karena itu, memutus rantai generasi sandwich dapat berdampak positif. Dengan memahami cara memutus rantai generasi sandwich, seseorang dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi beban keuangan yang timbul dari peran ganda ini.

Ini cara memutus rantai generasi sandwich:

1. Mulai Mengelola Keuangan Dengan Bijak

Dengan mencatat setiap pengeluaran dan pendapatan dengan hati-hati, Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan lebih efektif. Hal ini akan membantu Anda mengurangi pengeluaran yang tidak penting sehingga Anda dapat lebih fokus pada tabungan atau hanya mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang benar-benar penting.

2. Berkomunikasi

Generasi sandwich perlu berkomunikasi secara terbuka dengan anggota keluarga mengenai situasi keuangan dan tanggung jawab individu dengan mendiskusikan harapan, batasan, dan cara mengelola keuangan keluarga bersama. Hal ini dapat membantu memahami dan mengurangi beban keuangan bersama.

3. Gunakan Tabungan Rencana

Memiliki tabungan merupakan langkah awal memutus rantai generasi sandwich yang wajib Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan tabungan rencana. 

Hal ini tentu akan sangat membantu jika Anda mengalami kesulitan dalam menabung. Anda jadi tidak perlu repot-repot mengatur keuangan setiap bulannya sebab penghasilanmu akan otomatis dipotong untuk tabungan rencana.

4. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Mengubah gaya hidup menjadi salah satu cara untuk mengatasi generasi sandwich. Anda sebaiknya menghindari kebiasaan nongkrong ataupun impulsive buying yang kerap menjadi penyebab utama penghasilan kamu selalu habis tanpa sisa.

5. Siapkan Dana Pensiun

Pastikan Anda membuat anggaran khusus untuk dana pensiun di masa tua. Apabila Anda bukan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendapatkan program pensiun dari pemerintah, Anda bisa melakukan alternatif dengan mendaftarkan diri ke Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper