Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Pakai Kartu Kredit Agar Tak Kena Blacklist SLIK OJK

Pembayaran tagihan kartu kredit yang lancar akan memengaruhi skor kredit seseorang. Berikut tips menggunakan kartu kredit agar tak masuk blacklist SLIK OJK.
Kartu Kredit Honest/Istimewa
Kartu Kredit Honest/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah guyuran promo akhir tahun, penggunaan kartu kredit harus tetap bijak dan memperhatikan skor kredit. Pasalnya, pembayaran tagihan kartu kredit yang lancar akan memengaruhi skor kredit seseorang dan terhindar dari daftar hitam atau blacklist SLIK OJK.

Direktur Utama PT Honest Financial Technologies (Honest) Dharu Estiningrum mengatakan tips pertama menggunakan kartu kredit agar skor kredit tetap aman adalah untuk selalu ingat bahwa pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan.

Dharu menuturkan bahwa pengguna kartu kredit harus mengingat untuk tidak besar pasak daripada tiang. Selain itu, dia juga mengingatkan saat membeli sesuatu menggunakan kartu kredit harus dengan kesadaran penuh.

“Bukan sekadar pengin, karena kalau pengen itu nggak ada batasnya. Jadi, jangan besar pasak daripada tiang, sehingga bisa selalu bertanggung jawab,“ kata Dharu dalam sesi wawancara bersama Bisnis, Rabu (27/12/2023).

Dharu mengingatkan agar masyarakat menggunakan kartu kredit dengan bijaksana dan selalu rutin membayar tagihan setiap bulan.

Kedua, selalu menjaga kerahasiaan data. Pasalnya, kerahasiaan data merupakan hal yang sangat penting dilakukan, termasuk kepada keluarga.

“Karena saat ada orang yang menggunakan identitas kita, itu yang rusak kredibilitas kita. Jadi mulailah dengan selalu merahasiakan informasi keuangan nomor kartu kredit, nomor rekening, pin ATM, pin kartu kredit,” ujarnya.

Ketiga, jangan mudah tergiur bujuk rayu diskon dan promo kartu kredit. Begitu pula saat ada oknum yang menawarkan untuk menaikkan limit kartu kredit.

“Bujuk rayu adalah poin yang digunakan oleh bisnis fraudster untuk masuk ke data keuangan kita,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper