Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei BI: Mencari Kerja 6 Bulan ke Depan Diyakini Makin Sulit

Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa ekspektasi atas ketersediaan lapangan kerja dalam waktu 6 bulan ke depan mengalami penurunan.
Ilustrasi Pencari kerja memadati Indonesia Career Expo, di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong sebelum pandemi./JIBI-Endang Muchtar
Ilustrasi Pencari kerja memadati Indonesia Career Expo, di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong sebelum pandemi./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa ekspektasi atas ketersediaan lapangan kerja dalam waktu 6 bulan ke depan mengalami penurunan. 

Dalam survei Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan kerja dari Bank Indonesia yang dilakukan pada Desember 2023 keyakinan masyarakat untuk dapat kerja dalam 6 bulan ke depan turun menjadi 129,9 dari 131,4 pada November 2023. Meski demikian, angka ini masih berada dalam zona optimis. 

“Konsumen juga memprakirakan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang mengalami penurunan,” tulis BI dalam laporannya, dikutip Selasa (9/1/2024). 

Secara perinci, perkiraan yang menurun ini terjadi untuk seluruh kelompok usia. Penurunan ekspektasi terdalam terjadi pada kelompok usia lebih dari 60 tahun yang turun dari 124,9 pada November 2023, menjadi 120,7 per Desember 2023. 

Sementara untuk kelompok usia 41 tahun hingga 50 tahun hanya 0,1 poin pada Desember 2023. Pada kelompok usia lainnya, yaitu 20-30 tahun, ekspektasi akan ketersediaan lapangan kerja turun cukup dalam dari 137,8 menjadi 134 pada periode yang sama. 

Selanjutnya, berdasarkan tingkat pendidikan, penurunan terutama terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pendidikan pascasarjana. BI mencatat, indeks ekspektasi pada kelompok tersebut anjlok dari 144,4 pada November 2023 menjadi 120,3 pada Desember 2023. 

Pada periode yang sama, untuk tingkat pendidikan akademi, indeks turun dari 133,5 menjadi 132,5. Sementara untuk kelompok pendidikan sarjana juga turun dari 144,8 menjadi 133,7. 

Di samping tiga kelompok pendidikan tersebut, hanya kelompok SLTA yang memiliki indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja yang meningkat, dari 127,1 menjadi 127,4. 

Sementara dari sisi pengeluaran, kelompok dengan pengeluaran Rp3,1 juta hingga Rp4 juta per bulan mengalami penurunan ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja hingga 6,8 poin menjadi 123,9 pada Desember. 

Secara umum, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2023 tercatat sebesar 123,8, lebih tinggi dibandingkan 123,6 pada bulan sebelumnya.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan bahwa keyakinan konsumen yang meningkat pada Desember 2023 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE). 

Sementara itu, Erwin mengatakan bahwa Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan tetap kuat ditopang oleh Indeks Ekspektasi Penghasilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper