Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Prospek Saham BSI (BRIS) usai Raup Laba 2023 Rp5,7 Triliun

Berikut prospek saham BSI (BRIS) sebagai bank syariah terbesar di Indonesia usai mencatatkan laba bersih Rp5,7 triliun sepanjang 2023.
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS) meraup laba bersih senilai Rp5,7 triliun hingga akhir Desember 2023, tumbuh 33,8%. Meski demikian, akan melaporkan kinerja keuangan mereka pada hari ini, Kamis (1/2/2024).  Lantas, seperti apa prospek saham bank syariah terbesar di Indonesia ini?

Adapun, pada pembukaan perdagangan sesi I hari ini pukul 09.19 WIB, harga saham BRIS mengalami penghijauan di level 2,15% ke level Rp2.380.

Sementara, selama pekan saham BRIS menguat 16,67% dan jika ditarik sejak awal tahun atau secara year to date (ytd), saham BRIS berada pada level hijau yakni 36,78% 

Senior Investment Information Mirae Asset M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan kinerja laba BRIS sendiri mengalami peningkatan, lantaran didorong kinerja pendapatan syariah seiring dengan prospektifnya kondisi perekonomian syariah domestik.

“Wajar saja kinerja laba bagus, ini karena pertumbuhan bisnis syariahnya bagus, tercermin dari kinerja penjualan syariah,” ujarnya pada Bisnis, Kamis (1/1/2024). 

Menurutnya, pada 2024, BRIS masih bakal mempertahankan kinerja positif, yang terdorong dari tren positif pengembangan binsis syariah di Tanah Air.

“Ini juga tedorong akan kesadaran [masyarakat] soal pentingnya berinvestasi syariah dan [masyarakat] yang menjalankan binsis dengan prinsip syariah,” ucapnya. Dirinya pun merekomendasikan hold saham BRIS dengan target harga Rp2.420

Sementara itu, Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani menilai khusus BRIS memiliki prospek yang bagus, lantaran pasca pasar yang cukup tinggi, di mana penyaluran pembiayaan masih cukup kuat dan prospek bisnis yang bagus.

“Karena BRIS saat ini masih jadi andalan. Bank syariah yang lain, selain BRIS masih terlalu kecil dan tidak bisa bersaing dengan [BRIS],” ujarnya pada Bisnis beberapa waktu lalu. 

Kinerja BRIS sepanjang 2023

BSI sebagai anak usaha dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) telah membukukan laba bersih Rp5,7 triliun sepanjang 2023, tumbuh 33,8% secara tahunan (year on year/yoy).

Pertumbuhan laba BSI itu sejalan dengan aset yang juga naik 15,7% yoy menjadi Rp353,62 triliun pada 2023. 

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo mengatakan kinerja anak usaha Bank Mandiri, termasuk BSI memang telah menopang kinerja Bank Mandiri sebagai induk.

"Bank mandiri melihat perusahaan anak jadi penting di Mandiri Group," ujarnya dalam paparan kinerja Bank Mandiri pada Rabu (31/1/2024).

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper