Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEO Danacita Blak-blakan, Ngaku Tak Ada Bagi Hasil dengan ITB

Bisnis.com, JAKARTA— PT Inclusive Finance Group (Danacita) memastikan tak ada bagi hasil antara platf
Tampilan situs pinjaman online (pinjol) khusus pendidikan DanaCita./ Dok www.danacita.coid
Tampilan situs pinjaman online (pinjol) khusus pendidikan DanaCita./ Dok www.danacita.coid

Bisnis.com, JAKARTA— PT Inclusive Finance Group (Danacita) memastikan tak ada bagi hasil antara platform dan pihak universitas, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB), atau lembaga pendidikan terkait kerja sama pembayaran cicilan uang kuliah.

Kabar tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Danacita Alfonsus Wibowo usai Media Briefing Danacita di Jakarta, Jumat (2/1/2024). 

“Tidak ada bagi hasil seperti yang disampaikan oleh wakil rektor Institut Teknologi Bandung juga. Setiap kerja sama kami dengan kampus, kami bisa pastikan tidak ada sama sekali bagi hasil yang diberikan ke kampus,” kata Alfonsus. 

Alfonsus mengatakan Danacita menjalin kerja sama  dengan kampus untuk menjadi salah satu solusi pembayaran dari beberapa solusi yang sudah dihadirkan pihak kampus maupun lembaga pendidikan lainnya. Terlebih DNA platform sendiri sejak awal memberikan pembiayaan ke sektor pendidikan.

“Jadi murni kami hadir untuk memberikan solusi saja dan itu yang kami anggap sebagai nilai lebih kerja sama yang diterima oleh lembaga pendidikan,” ungkap Alfonsus. 

Platform Danacita tengah menjadi sorotan karena diprotes keberadaannya oleh para alumni ITB. Kasusnya pun viral di media sosial X, di mana tak sedikit yang menyangka pihak kampus justru memberikan pilihan platform fintech peer to peer (P2P) lending atau pinjaman online (pinjol) sebagai alternatif pembayaran. Sementara yang lain melihat ini justru bisa menjadi salah satu solusi. 

Sebelumnya, Danacita telah membeberkan bahwa pihaknya sudah berizin OJK dan hadir untuk memberikan pembiayaan di sektor pendidikan. Untuk proses pinjaman, Danacita mengklaim selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian sesuai dengan kemampuan penerima dana atau wali.

Selain itu, Danacita memastikan tak memberikan paksaan karena hadirkan platform di kampus diklaim menjadi salah satu solusi alternatif bagi mahasiswa dan wali dalam membayar biaya kuliah. 

Sementara untuk bunga dan biaya lainnya, Danacita mengklaim telah mengikuti aturan yang ditetapkan OJK yakni maksimum untuk pendanaan produktif yakni 1% per hari. Adapun, keseluruhan biaya yang diterapkan oleh Danacita adalah berkisar 0,07% per hari. 

Saat ini, Danacita sudah berkolaborasi dengan 148 mitra pendidikan dan menyalurkan dana untuk biaya pendidikan kepada 27.440 pengguna di seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk total dana pendidikan tersalurkan mencapai Rp375 miliar sejak 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper