Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Beli Rumah Impian, Tips Keuangan Menghemat Pengeluaran

Sebelum membeli rumah impian, maka Anda harus mengatur cash flow keuangan dan menyelesaikan segala utang paylater dan kartu kredit.
Simak tips keuangan untuk hemat dan membeli rumah./ Dok Freepik.
Simak tips keuangan untuk hemat dan membeli rumah./ Dok Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA – Mengelola keuangan menjadi kunci untuk membeli rumah impian. Simak tips keuangan menghemat pengeluaran agar bisa membeli rumah. 

Sebelum memutuskan membeli rumah, Anda harus mempunyai dana darurat serta harus melunasi utang-utang, paylater, dan kartu kredit. Tujuannya, agar Anda bisa lebih fokus untuk menabung membeli rumah.

Dilansir dari Ramsey Solution dan canarahscbclife.com, Senin (19/2/2024), keuangan yang dikelola dengan baik bisa meminimalisir pengeluaran bulanan, keuangan mempunyai peranan penting bagi Anda ketika ingin mempunyai rumah. Banyak langkah yang dapat Anda untuk mengelola keuangan Anda

Tips keuangan menghemat pengeluaran agar cepat beli rumah: 

1.  Tetapkan Anggaran Bulanan

Anda harus mempunyai anggaran bulanan untuk setiap pengeluaran atau investasi, ketika sudah memastikan dan mengetahui setiap anggaran yang dikeluarkan tentu dapat membantu untuk meningkatkan tabungan Anda.

Dilansir dari ramseysolutions.com, Anda harus menentukan anggaran pembelian rumah. Jika ingin memutuskan membeli rumah maka sebaiknya pembayaran bulanan tidak lebih dari 25% dari total gaji yang didapatkan, apabila lebih besar dari angka tersebut maka berisiko bagi kesehatan finansial.

2.  Pangkas pengeluaran yang tidak penting

Untuk menimbulkan kebiasaan menabung, Anda harus mengontrol pengeluaran. Anda dapat melakukannya dengan memprioritaskan kebutuhan dan mengurangi pengeluaran untuk keinginan Anda.

3.  Belajar Memasak

Tanpa anda sadari banyak uang yang anda keluarkan untuk membeli makanan di luar. Ketika Anda membeli makanan adapun biaya pengiriman yang harus anda keluarkan antara 2 hingga 20 kali lipat dari makanan rumahan. Jadi, belajar memasak menjadi salah satu tips menghemat pengeluaran anda.

4.  Simpan Apapun yang Anda bisa

Jika anda tidak bisa menabung dalam jumlah besar karena Anda baru mulai menghasilkan pendapatan atau karena alasan lain. Anda tidak perlu bingung, kunci nya adalah mulai menabung, jadi jumlah yang ditabung bukan hal yang penting. Simpan berapapun yang Anda bisa dan mulai lah untuk menabung.

Dilansir dari ramseysolutions.com, ketika tidak yakin berapa banyak uang yang dapat Anda simpan maka Anda dapat membaginya menjadi uang muka, biaya penutupan, biaya pindahan dan lain-lain.

Uang muka, memberikan uang muka 20% dapat menghindari PMI yakni biaya yang ditambahkan ke pembayaran hipotek bulanan. Jika Anda baru membeli rumah pertama kali uang muka 5-10% tidak masalah akan tetapi berarti Anda harus membayar PMI sedikit lebih lama.

Biaya penutupan, disini Anda harus menghemat 3% dari harga pembelian rumah untuk biaya penutupan yakni biaya pajak properti atau barang asuransi.

Biaya pindahan dan lainnya, biaya ini dapat bervariasi tergantung seberapa banyak barang dan seberapa jauh jarak yang Anda pindahkan.

5.  Perlakukan Setiap Pembelian sebagai Investasi

Ketika Anda melakukan pembelian, maka Anda harus melihat apakah itu dapat dijadikan investasi dan lakukan evaluasi atas pembelian yang dilakukan apakah investasi tersebut baik atau buruk.

6.  Memiliki Tujuan Finansial

Apabila ingin mempunyai rumah Anda harus memiliki tujuan keuangan jangka pendek dan panjang. Ini dapat menjadi motivasi untuk Anda untuk tetap menabung dari bulan ke bulan. Ketika Anda telah mencapai beberapa tujuan jangka pendek dan menikmati imbalan nya, Anda akan mendapatkan dorongan psikologis untuk terus menabung demi tujuan keuangan lainnya.

7.  Simpan Bonus sebelum Berbelanja

Saat Anda mendapatkan bonus, hal ini dapat menambahkan jumlah tabungan Anda. Jadi, ketika Anda mendapatkan bonus atau penghasilan yang besar, pastikan untuk menabung sebagian besar sebelum Anda gunakan uang tersebut untuk membelanjakan nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper