Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Laba Bank Asing Makin Moncer di Tengah Kabar Penjualan Lini Bisnis

Pada tahun lalu sejumlah bank asing menjual lini bisnisnya di Indonesia. Meski begitu, kelompok bank asing yang masih beroperasi menjunjukkan kinerja ciamik.
Ilustrasi Bank Asing
Ilustrasi Bank Asing

Bisnis.com, JAKARTA –– Pada tahun lalu ramai kabar sejumlah bank asing yang menjual lini bisnisnya di Indonesia. Meski begitu, kinerja keuntungan bank asing di Indonesia tercatat moncer pada 2023.

Berdasarkan data Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kantor cabang dari bank yang berkedudukan di luar negeri atau bank asing mencatatkan laba Rp12,36 triliun sepanjang 2023, melesat dua kali lipat atau 111,01% secara tahunan (year-on-year/yoy), dibandingkan laba bersih tahun sebelumnya Rp5,85 triliun. 

Kinerja laba bank asing terdorong oleh pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) yang naik 67,97% yoy menjadi Rp20,48 triliun pada 2023.

Margin bunga bersih (net interest margin/NIM) bank asing juga naik 163 basis poin (bps) dari 2,71% pada Desember 2022 menjadi 4,34% pada Desember 2023.

Selain bertumbuh dari mesin bunga, bank asing mencatatkan peningkatan pendapatan selain bunga 5,58% yoy menjadi Rp236,39 triliun pada Desember 2023. Tercatat, keuntungan transaksi spot dan derivatif bank asing naik 3,01% yoy menjadi Rp225,58 triliun. 

Dari sisi intermediasi, bank asing telah menyalurkan kredit Rp191,16 triliun pada 2023, naik dibandingkan penyaluran kredit tahun sebelumnya Rp190,1 triliun. 

Meski begitu, dari sisi pendanaan, bank asing mencatatkan penurunan raupan dana pihak ketiga (DPK) 7,24% yoy menjadi Rp234,68 triliun. 

Kinerja laba bank asing moncer, meskipun ramai kabar bank asing yang menjual lini bisnisnya di Indonesia pada 2023. Commonwealth Bank of Australia (CBA) misalnya menjual unit usaha di Indonesia yakni PT Bank Commonwealth ke PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP). 

Citibank N.A. Indonesia (Citi Indonesia) menjual lini bisnis consumer banking mereka di Indonesia kepada PT Bank UOB Indonesia.

Lalu, Standard Chartered Bank Indonesia (SCBI) telah menuntaskan penjualan dan pengalihan sejumlah portofolio bisnis konsumernya seperti kartu kredit hingga kredit pemilikan rumah (KPR) ke PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN).

"Memang pangsa pasar pasar yang ditinggalkan oleh bank asing seperti Citibank dalam konteks retail banking itu diambil alih oleh bank-bank dari Asia," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae setelah acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) pada beberapa waktu lalu.

Meski begitu, menurutnya secara keseluruhan, bank asing di Indonesia menunjukkan pemulihan yang solid pasca pandemi dengan fondasi yang kokoh.

Dalam momen terpisah, Dian mengatakan proposisi bank asing sebagai lembaga dengan jaringan global juga tetap menjadi nilai tambah, terutama bagi nasabah segmen institutional dan corporate. "Bank asing juga tetap menjadi pemain yang relevan dalam mendukung perekonomian Indonesia," ujar Dian pada bulan lalu (11/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper