Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap! KBank dan Bank Maspion (BMAS) Bakal Rilis Mobile Banking

KBank alias Kasikorn Bank dan Bank Maspion Indonesia (BMAS) akan rilis mobile banking pada kuartal II/2024.
KBank dan Bank Maspion/Istimewa
KBank dan Bank Maspion/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — KBank alias Kasikorn Bank, lembaga keuangan Thailand bersama entitas anak usahanya PT Bank Maspion Indonesia Tbk. (BMAS) asal Surabaya, bakal merilis mobile banking baru pada kuartal II/2024 

Executive Vice President KBank Pattarapong Kanhasuwan menyebut pihaknya berupaya menghadirkan produk dan layanan keuangan yang mudah diakses khususnya bagi komunitas kurang terlayani. 

“Dengan perkembangan digitalisasi, keamanan dan perlindungan data keduanya saling berhubungan. Inilah sebabnya kami berkomitmen untuk mengedukasi serta melindungi data pelanggan dengan mematuhi praktik terbaik privasi data,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3/2024)

KBank dan Bank Maspion sendiri memang mencatat Indonesia telah mencapai kemajuan inklusi keuangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun tidak dibarengi dengan inklusi literasi.

Hal ini tercermin dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022 yang melaporkan bahwa indeks inklusi keuangan Indonesia telah mencapai 85,10%, mendekati target nasional sebesar 90% pada akhir 2024. 

Namun, capaian indeks literasi keuangan masih berada di angka 49,68%, menciptakan kesenjangan inklusi literasi sebesar 35,42%. Alhasil, perkembangan perbankan digital juga menyebabkan peningkatan ancaman siber, termasuk phishing, malware, ransomware, penipuan, dan pencurian identitas.

Untuk itu, KBank dan Bank Maspion mengadopsi tiga pendekatan untuk memastikan privasi dan keamanan data dalam mengembangkan aplikasi mobile banking baru tahun ini. Pendekatan tersebut mencakup teknologi, proses, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Adapun, pada sisi teknologi, kedua bank memanfaatkan tools seperti analisis data, untuk mendukung pengelolaan dan tata kelola data pelanggan yang tepat serta mendapatkan wawasan tentang preferensi pelanggan. 

“Terkait proses, prosedur operasi terkait akan diperkuat untuk meningkatkan efisiensi dan kontrol dalam keamanan data,” ucapnya.

Selain itu, Bank Maspion akan berkolaborasi dengan KBTG, cabang teknologi KBank, untuk memanfaatkan keahliannya dalam pengelolaan aplikasi mobile banking KPLUS secara efektif di Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper