Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Simpan THR di Deposito Bunga Tinggi? Perhatikan Hal ini Agar Aman Dijamin LPS

Berapa bunga deposito dijamin LPS? Simak syarat agar deposito aman dan layak dijamin oleh LPS.
Ilustrasi deposito bunga tinggi perbankan/Dok. Freepik
Ilustrasi deposito bunga tinggi perbankan/Dok. Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Dana THR yang didapat pada Lebaran tahun ini ada baiknya sebagian disimpan untuk tabungan masa depan. Salah satu produk yang dipilih adalah deposito. Apa syarat agar deposito layak jamin? Berapa bunga deposito tertinggi yang dijamin LPS?

Deposito menjadi produk yang diminati masyarakat untuk menyimpan dana karena memiliki bunga atau imbal hasil yang lebih tinggi ketimbang tabungan. Saat ini sejumlah bank menawarkan bunga deposito tinggi untuk menarik nasabah.

Namun, nasabah perlu memahami berapa bunga deposito yang dijamin LPS agar saat terjadi bank bangkrut, dana nasabah tetap aman dan dibayarkan LPS.

Sebagai informasi, sejak 2005 hingga kini terdapat ratusan bank bangkrut. Dari ratusan bank ambruk ini, Rp379 miliar dana nasabah gagal bayar atau tidak bisa diselamatkan karena beragam alasan.

Berikut syarat agar deposito dijamin LPS:

  1. Tercatat pada pembukuan bank.
    Data diri dan daftar simpanan nasabah tercatat dalam pembukuan bank. Simpan semua bukti transaksi perbankan.
  2. Tingkat bunga yang diterima tidak melebihi tingkat bunga penjaminan LPS.
    Saat ini LPS menetapkan tingkat bunga penjaminan sebesar 4,25% untuk deposito rupiah bank umum dan 2,24% untuk deposito dolar bank umum. Sementara, untuk deposito BPR tingkat bunga penjaminan ditetapkan 6,75%.
    LPS juga mengimbau nasabah bank agar bijak dalam menerima cashback dari bank.
  3. Tidak melakukan tindakan yang merugikan bank.
    Misalnya melakukan perbuatan melanggar hukum yang merugikan atau membahayakan kelangsungan usaha bank.

Adapun, sejumlah bank yang menawarkan bunga deposito tinggi di atas penjaminan LPS adalah sebagai berikut:

Daftar Bank dengan Bunga Deposito Tertinggi 2024

  1. Bank Amar
    Berdasarkan laman resminya, Bank Amar menawarkan keuntungan bunga tabungan yang kompetitif yaitu hingga 5,5% dan 9% untuk produk deposito.
  2. Krom Bank
    Bank digital besutan Kredivo Group yakni PT Krom Bank Indonesia Tbk. (BBSI) menawarkan produk simpanan dengan suku bunga tinggi, 8,75%.
  3. Bank Saqu
    Layanan bank digital besutan PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab yakni Bank Saqu menawarkan produk deposito bernama Busposito. Pada produk tersebut nasabah dimungkinkan membuka deposito bersama. Semakin banyak yang terlibat, semakin tinggi tawaran bunganya. Bunga simpanan dimulai dari 4% hingga 8%.
  4. Bank Neo Commerce
    Bank Neo Commerce menawarkan produk deposito bernama Neo WOW. Berdasarkan laman resminya, per 15 Oktober 2023, Bank Neo Commerce menawarkan bunga di produk simpanan ini hingga 8%. Jangka waktu pengambilan simpanan mulai dari 7 hari, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Adapun, minimum setoran dana adalah Rp100.000.
  5. Bank Jago
    Bank Jago menawarkan bunga deposito 5% per tahun. Nasabah dapat mengunci uang dengan tenor 1, 3, 6 atau 12 bulan. Adapun, minimal simpanan nasabah di bank digital ini adalah Rp1 juta.
  6. Allo Bank
    PT Allo Bank Tbk. (BBHI) menawarkan deposito dengan suku bunga mulai 4% hingga 6%. Pilihan jangka waktu simpanan deposito ini adalah 1 bulan hingga 2 tahun. Minimum setoran awal adalah Rp1 juta.
  7. SeaBank
    SeaBank menawarkan produk deposito dengan suku bunga mencapai 6% per tahun, dan jatuh tempo mulai dari 1, 3 dan 6 bulan. Nasabah dapat membuka deposito minimal saldo Rp1 juta. Adapun, penempatan deposito relatif dalam jangka waktu singkat, mulai dari 1 bulan.
  8. Superbank
    Bank digital milik PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) yakni Superbank memiliki produk simpanan tabungan utama dan saku yang menawarkan bunga 6%.

Itulah daftar bank dengan suku bunga deposito tertinggi di tahun 2024 hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper