Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Super App BSI (BRIS) Siap Meluncur, Tunggu Izin dari Bank Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) alias BSI menyebutkan aplikasi super alias super app BSI Mobile tengah menunggu persetujuan Bank Indonesia (BI).
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Syariah Indonesia di Jakarta saat era pandemi./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Syariah Indonesia di Jakarta saat era pandemi./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk. alias BSI (BRIS) tengah berproses mengembangkan aplikasi super alias super app BSI Mobile tahun ini untuk merambah era perbankan digital. Terbaru, BSI mengajukan proses perizinan ke Bank Indonesia (BI).

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan pengembangan super app BSI sedang dalam tahap uji coba di internal. "Kemudian, masuk posisi demo, dipakai sambil berjalan mengajukan izin," ujarnya dalam konferensi pers rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada beberapa waktu lalu (17/5/2024).

Ia menjelaskan perizinan tersebut masuk ke BI, karena terkait dengan sistem pembayaran di platform digital. "Mudah-mudahan tahun ini izin diperoleh, kemudian kami punya super app," tuturnya.

Menurutnya, BSI mengembangkan super app bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada nasabah. Tampilan user interface (UI) serta user experience (UX) pun dinilai akan menjadi lebih canggih.

Dalam mengembangkan super app itu, sejumlah fitur pun disiapkan. Tidak hanya fitur terkait layanan keuangan basic seperti transfer, tapi terdapat layanan lifestyle, seperti pembelian tiket hingga integrasi dengan e-commerce.

Sebelumnya, Direktur Keuangan dan Strategis BSI Ade Cahyo Nugroho menyebut BSI menganggarkan biaya modal (capital expenditure/capex) untuk teknologi informasi (IT) sebesar Rp1,5 triliun pada 2024, termasuk untuk super app.

“Setelah 2023 di area security, sekarang [belanja IT] ke bisnis enabler. Jadi, kita harapkan kombinasi antara solusi lengkap dengan security yang baik, bisa membawa BSI menjadi bank terbaik dalam IT practice,” ucapnya dalam Paparan Kinerja BSI 2023 pada Februari lalu (2/2/2024).

Adapun, pada platform digital BSI Mobile yang ada saat ini, BSI telah meraup jumlah pengguna sebanyak 6,7 juta per Maret 2024, melonjak 29,35% secara tahunan (year on year/yoy). BSI Mobile juga mencatatkan jumlah transaksi sebesar 118,5 Juta dengan volume tranaksi mencapai Rp145,1 triliun. 

Jumlah nasabah yang membuka rekening secara online pun mencapai 93,6% dari nasabah baru BSI hingga Maret 2024. 

BSI juga agresif meningkatkan merchant QRIS untuk transaksi pembayaran. Hingga Maret 2024, jumlah merchant QRIS mencapai 320 ribu, naik 80,84%, dengan jumlah transaksi mencapai 5,85 juta senilai Rp551 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper