KB Bank Salurkan Kredit Rp123 M ke Bank Perekonomian Rakyat

Lembaga keuangan nomor 1 di Korea Selatan, KB Financial Group, KB Bank (IDX: BBKP) terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM nasional secara inklusif
Foto: KB Bank Salurkan Kredit Rp123 M ke Bank Perekonomian Rakyat
Foto: KB Bank Salurkan Kredit Rp123 M ke Bank Perekonomian Rakyat

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai bagian lembaga keuangan nomor 1 di Korea Selatan KB Financial Group, KB Bank (IDX: BBKP) terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM nasional secara inklusif. Selain berperan aktif sebagai penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), KB Bank turut berkolaborasi dengan Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dalam skema Linkage (kemitraan) Program. Tujuan Linkage Program tidak hanya untuk meningkatkan porsi pembiayaan, tetapi juga akan meningkatkan penetrasi dan diversifikasi pembiayaan KB Bank di sektor UMKM dan consumer financing.

Salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut direalisasikan KB Bank dengan menggandeng salah satu BPR terbesar dan terbaik nasional, PT BPR Modern Express dengan skema executing, yaitu KB Bank memberikan pembiayaan kepada BPR Modern Express, dimana kemudian BPR Modern Express meneruskannya kepada nasabah sebagai end user untuk memenuhi kebutuhan modal usaha dan kebutuhan lainnya. Hal ini sejalan dengan rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperkuat sekaligus menyehatkan industri BPR kedepan.

Kemitraan ini ditandai dengan seremoni penandatangan fasilitas kredit yang diadakan di Kantor Pusat KB Bank pada Kamis, 30 Mei 2024. Acara ini dihadiri oleh perwakilan KB Bank, diantaranya Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong, Direktur Bisnis UKM & Wholesale KB Bank Yohanes Suhardi, MSME Product & Business Support Division Head Husnul Khatimah, SME Business Division Head Handy Dharma, MSME Product Department Head Jhon H. Hutagalung, SME Area Head Thomas Alfa, dan Branch Sales Manager Eries Rosadi.

Melalui kerjasama Linkage Program ini, KB Bank berkomitmen menyalurkan limit fasilitas pembiayaan sebesar Rp. 123.000.000.000,- sebagai solusi pinjaman untuk memperkuat distribusi kredit BPR kepada ceruk pasar yang spesifik yaitu segmen PNS/Pensiunan dan UMKM.

Turut hadir pada acara seremoni ini, perwakilan dari BPR Modern Express dan PT Modern Multiartha serta Multi Modern Group diantaranya; Direktur Utama BPR Modern Express Freddijoe Wunas, Direktur PT Modern Multiartha Laurensia Adi, General Manager Legal Multi Modern Grup Rido Luhut Sinaga SH M.Hum, Supervisor Legal PT Modern Multiartha ⁠I Made Agus Adiyadnya SH CLI CLA, dan Supervisor Legal Multi Modern Grup Iqbal Sannusi SH M.Kn.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong mengatakan, “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan BPR Modern Express yang berhasil melakukan konsolidasi dan merger sehingga menjadi salah satu yang terbesar secara nasional, Kami berharap fasilitas linkage program dengan skema executing ini dapat mendukung bisnis BPR yang serta menjaga pertumbuhan positif kinerja kredit KB Bank.”

BPR Modern Express menghidupi slogannya yaitu “Solusi Yang Tepat”. Slogan ini menuntut agar seluruh manajemen dan staff Bank BPR Modern Express memberikan pelayanan yang terbaik pada nasabah dan calon nasabah, sehingga bank BPR Modern Express diakui sebagai solusi finansial yang tepat bagi masyarakat di Indonesia sehingga dengan kolaborasi antara bank BPR Modern Express dan KB Bank dapat memberikan implikasi iklim bisnis yang menguntungkan bagi kedua belah pihak

Kerjasama KB Bank dengan BPR Modern Express, diharapkan tidak berhenti sampai Fasilitas Executing saja. “Kami akan menjajaki skema kerjasama secara ekosistem melalui transaksional dan solusi cash management. Melalui kerjasama ini diharapkan akan tercipta sinergi yang lebih besar, lebih inklusif dan lebih terintegrasi antara KB Bank dan bank BPR Modern Express”, tambah Robby.

Komitmen KB Bank untuk meningkatkan pembiayaan UMKM sejalan dengan pemenuhan komitmen terhadap Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper