Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WOM Finance (WOMF) Salurkan Pembiayaan Rp2,7 Triliun pada Semester I/2024

Perusahaan multifinance WOM Finance (WOMF) telah menyalurkan pembiayaan baru senilai Rp2,7 triliun pada semester I/2024.
Karyawati melayani nasabah di salah satu kantor cabang PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (7/8/2023). Bisnis/Abdurachman
Karyawati melayani nasabah di salah satu kantor cabang PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (7/8/2023). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan pembiayaan atau multifinance PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) atau WOM Finance telah menyalurkan pembiayaan baru senilai Rp2,7 triliun pada semester I/2024. Adapun kontributor terbesar dalam pembiayaan konsumen adalah pembiayaan multiguna mobil dan motor.

Angka tersebut sedikit menurun apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Berdasarkan catatan Bisnis, penyaluran pembiayaan dari produk multiguna jasa MotorKu dan MobilKu, serta pembiayaan motor baru dan Masku sampai dengan semester I/2024 mencapai Rp3 triliun. 

Direktur Keuangan WOM Finance Cincin Lisa Hadi pun mengakui kondisi tahun ini cukup menantang, di mana bertepatan dengan momentum Pemilihan Umum (Pemilu) serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Namun, perusahaan tetap optimis dapat terus membukukan kinerja yang positif di tahun 2024,” kata Cincin kepada Bisnis pada Minggu (14/7/2024). 

Adapun untuk paruh kedua 2024, Cincin mengatakan WOM Finance telah memproyeksikan pembiayaan baru senilai Rp3,6 triliun. Pihaknya pun optimistis untuk bisa mencapai target hingga akhir tahun. 

Cincin mengatakan berbagai strategi dan program promosi yang menarik pun telah disiapkan untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan. Adapun sampai dengan akhir tahun, perusahaan memproyeksikan penyaluran pembiayaan di atas Rp6 triliun.

“Strategi perusahaan dalam pembiayaan di antaranya dengan memanfaatkan digitalisasi dalam proses bisnis, pengembangan program penjualan dan promosi yang menarik, peningkatan pelayanan terhadap konsumen, dan pembukaan jaringan baru di semester kedua tahun ini,” tandas Cincin. 

Pada 2023, WOM Finance berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp236 miliar. Angka tersebut meningkat 20% yoy apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp198 miliar.

Peningkatan kinerja tersebut didorong oleh peningkatan penyaluran pembiayaan baru serta efisiensi biaya operasional.

Adapun hingga akhir Desember 2023, WOM Finance mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp5,8 triliun. Angka tersebut meningkat 28% yoy dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Kontribusi terbesar berada pada pembiayaan multiguna MotorKu dan MobilKu sebesar Rp4,4 triliun diikuti pembiayaan motor baru sebesar Rp1,5 triliun.

Di sisi lain, total ekuitas WOM Finance sendiri tercatat sebesar Rp1,7 triliun, di mana nilai tersebut meningkat 12% yoy dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 1,5 triliun. 

Pada akhir Desember 2023, Return on Assets (ROA) perseroan tercatat sebesar 5,0% dengan Return on Equity (ROE) tercatat sebesar 15,0%. 

Dari sisi aset, perseroan mencatatkan pertumbuhan hingga Rp6,6 triliun pada akhir Desember 2023, yang mana meningkat 18% dibandingkan Rp5,6 triliun pada akhir Desember 2023. 

Hingga akhir Desember 2023, perseroan juga berhasil mendapatkan fasilitas pendanaan baru senilai Rp2,7 triliun dengan pinjaman bank sebesar Rp1,7 triliun dan penerbitan Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan IV WOM Finance Tahap III Tahun 2023 senilai Rp1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper