Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Raya (AGRO) Salurkan Kredit ke Danai.id

Grup digital bank BRI, PT Bank Raya Indonesia Tbk. (AGRO) menambah penyaluran dana ke pinjol Danai.id menyasar perluasan kredit UMKM.
Nasabah mengakses aplikasi mobile banking Bank Raya di Jakarta, Senin (13/5/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Nasabah mengakses aplikasi mobile banking Bank Raya di Jakarta, Senin (13/5/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis,com, JAKARTA - Grup digital bank BRI, PT Bank Raya Indonesia Tbk. (AGRO) menambah saluran penerusan kredit atau channeling melalui financial technology (fintech) lending Danai.id.

Channeling ini bertujuan meningkatkan akses pembiayaan sektor produktif bagi UMKM, sekaligus mendorong kontribusi industri perbankan dan fintech lending terhadap perekonomian nasional.

Melalui kemitraan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia, dan meningkatkan peluang bisnis bagi Bank Raya maupun fintech lending Danai.id.

Danai.id mendapatkan akses tambahan ke sumber modal pemberian kredit, sehingga dapat memberikan dukungan keuangan kepada pengusaha-pengusaha mikro dan menengah dengan lebih efektif, serta memperkuat kehadirannya di sektor ini. Sementara itu, Bank Raya berpeluang untuk melakukan cross-selling produk perbankan dan transaksi kepada nasabah melalui ekosistem Danai.id. Potensi cross-selling ini dapat meningkatkan pendapatan bank.

Prilly Savitri, Kepala Divisi Digital Sales & Partnership Bank Raya, menilai kerja sama ini merupakan salah satu langkah strategis Bank Raya dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

"Kami percaya bahwa kolaborasi dengan fintech lending Danai.id dapat membantu UMKM untuk mendapatkan akses pembiayaan yang lebih mudah dan cepat Kerjasama ini akan semakin melengkapi aspirasi kami untuk menyediakan produk dan layanan perbankan yang relevan dengan kebutuhan nasabah melalui pendekatan digital end-to-end secara menyeluruh," terangnya, dikutip (Sabtu (17/8/2024).

Akses permodalan merupakan hal yang penting agar para pelaku usaha dapat terus bertumbuh. Melalui kerjasama penyaluran kredit, para pelaku usaha yang tergabung di Danai.id dapat mengakses pinjaman produktif untuk pertumbuhan bisnis, dengan tetap memperhatikan prinsip prudential banking.

Sementara itu, Direktur Utama Adiwisista Finansial Teknologi (Danai.id) Azhar Abdul Wahab menilai sinergi antara Bank Raya dan Danai.id akan memberikan manfaat yang besar bagi pengusaha yang membutuhkan modal tambahan untuk berkembang.

"Prioritas bisnis Danai.id adalah pembiayaan sektor produktif bagi UMKM. Kami berupaya mengembangkan bisnis ini secara sehat dan menguntungkan sehingga tidak hanya mengedepankan pertumbuhan semata tanpa diimbangi dengan pengelolaan risiko yang memadai," katanya.

Danai.id akan terus berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi UMKM, sehingga mereka menjadi lebih sejahtera, dapat berkembang dan berperan semakin besar dalam perekonomian.

Menurutnya, bertambahnya pemberi pinjaman institusi ini menunjukan perusahaan pinjaman online (pinjol) kelolaannya sehat dan memiliki tingkat risiko yang sesuai dengan “risk appetite” Bank Raya.

Danai.id berdiri sejak 2018 dan bertumbuh secara konservatif tetapi pasti, dengan total penyaluran kredit yang telah diberikan sebanyak Rp610 miliar, dan tingkat TKB 90 yang terjaga sebesar 98,7%, menunjukan prinsip pemberian kredit yang penuh kehati-hatian dan sehat.

Direktur Bisnis Danai.id Irianto Gunawan menuturkan ada 3 produk fokus Danai.id dalam memberikan fasilitas kredit kepada usaha mikro kecil dan menengah, yaitu fasilitas pembiayaan invoice, fasilitas pembiayaan micro developer, dan fasilitas pembiayaan inventory.

Saat ini sekitar 80% dari porsi pembiayaan Danai.id ada pada pembiayaan invoice. “Produk pinjaman invoice financing ini cukup digemari pelaku UMKM karena tidak membutuhkan agunan fixed asset,” tambahnya.

Kerjasama ini, kata Irianto, merupakan salah satu wujud sinergi antara perusahaan fintech lending dengan sektor perbankan yang sama-sama memiliki visi mendukung program pemerintah dalam pembiayaan UMKM. “Kerjasama dengan Bank Raya ini lebih dari sekedar bentuk kerjasama dalam upaya perluasaan pangsa pasar nasabah pembiayaan, melainkan juga menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan dari mitra-mitra strategis industri perbankan kepada Perusahaan fintech lending," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper