Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEER TO PEER LENDING: Pinjaman Koinworks Meroket

Penyelenggara peer-to-peer (P2P) lending PT Lunaria Annua Teknologi (Koinworks) telah mencatatkan penyaluran pinjaman sebesar Rp220 miliar pada semester I/2018. Capaian tersebut masih didukung dari pinjaman kepada pelaku UMKM.

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggara layanan jasa pinjam meminjam langsung tunai berbasis teknologi atau peer-to-peer (P2P) lending PT Lunaria Annua Teknologi (Koinworks) mencatatkan pertumbuhan penyaluran pinjaman secara bulanan hingga lima kali lipat dalam 6 bulan pertama 2018.

Benedicto Haryono, Chief Executive Officer & Co-Founder Koinworks mengatakan, rata-rata pinjaman yang disalurkan saat ini sudah mencapai Rp40 miliar - Rp50 miliar per bulan. Angka tersebut tumbuh sebanyak empat hingga lima kali lipat dibandingkan dengan jumlah pinjaman yang disalurkan pada awal tahun senilai Rp10 miliar.

Secara keseluruhan pada semester I/2018, Koinworks membukukan penyaluran pinjaman Rp220 miliar pada semester I/2018. Capaian tersebut masih didukung dari pinjaman kepada pelaku UMKM. Perseroan membidik penyaluran pinjaman senilai Rp1 triliun pada tahun ini. Target tersebut naik 10 kali lipat dibandingkan capaian pada 2017 yang kurang dari Rp100 miliar.

“Kami memang sedang fokus menggenjot pertumbuhan. Kami terus ekspansi usaha. Kami lebih banyak kembangkan produk lama dengan lebih baik lagi,” katanya dikutip Bisnis.com, Selasa (17/7/2018).

Sebanyak 90% pinjaman masih dikontribusi dari lini pinjaman bisnis. Sementara itu, sisanya berasal dari lini produk pinjaman pendidikan dan kesehatan.

Menurut Benedicto, lini produk pinjaman pendidikan berpeluang untuk tumbuh, tetapi sayangnya literasi tentang pinjaman pelajar masih sangat minim di mata masyarakat.

Penyelenggara telah menyediakan pinjaman kepada mahasiswa dari hampir 100 universitas dan lembaga pendidikan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain di Jabodetabek, Koinworks menyediakan pinjaman ke universitas di Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Semarang, dan Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper