Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI PERBANKAN: Aspek branding bakal makin diperkuat

JAKARTA: Nielsen memprediksi perbankan di Indonesia cenderung akan memperkuat branding pada masa mendatang.Direktur untuk Layanan Finansial Nielsen Indonesia Dena Firmayuansyah mengatakan hal itu terlihat dari belanja iklan yang terus meningkat selama

JAKARTA: Nielsen memprediksi perbankan di Indonesia cenderung akan memperkuat branding pada masa mendatang.Direktur untuk Layanan Finansial Nielsen Indonesia Dena Firmayuansyah mengatakan hal itu terlihat dari belanja iklan yang terus meningkat selama empat tahun terakhir."Belanja ikan di televisi, radio, koran, majalah  yang dihabiskan untuk brand terus meningkat," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 22 Mei 2012.Berdasarkan data belanja iklan perbankan yang dirilis Nielsen, total belanja iklan bank-bank di Indonesia pada 2007 sebesar Rp1,03 triliun.

 

Jumlah tersebut lalu meningkat jadi Rp1,27 pada 2009 dan naik lagi jadi Rp1,85 triliun pada 2010.Dena memaparkan penguatan branding ini sejalan dengan perubahan tren perbankan. Pada tahun 70-an masyarakat Indonesia mengenal fungsi bank hanya untuk menabung.Kemudian pada tahun 90-an peran bank yang dikenal masyarakat bergeser sebagai service contact point yang ditandai booming-nya anjungan tunai mandiri (ATM)."Pada 2000-an bank kemudian dikenal sebagai one stop solution dimana ada produk lain,seperti insurance yang banyak dimiliki kompetitor lain (lembaga lain)."Penguatan branding diperlukan untuk bersaing dengan kompetitor sejenis ataupun yang tidak sejenis. "Produk bank semakin generik sehingga branding jadi key important factor untuk bank,"katanya. (ra)

 

 

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Dinda Wulandari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper