Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asuransi Nasional Belum Siap Hadapi Pasar Tunggal Asean

Bisnis.com, JAKARTA—Industri asuransi dinilai belum terlalu siap menghadapi pasar tunggal Asean yang akan dimulai pada 2015.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 08 Oktober 2013  |  18:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Industri asuransi dinilai belum terlalu siap menghadapi pasar tunggal Asean yang akan dimulai pada 2015.

Azwir Arifin, Ketua Bidang Riset dan Aktuaria Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengatakan tantangan untuk memperluas pasar hingga ke wilayah regional sangat besar, terutama bagi industri asuransi jiwa yang hingga sejauh ini belum berekspansi hingga sejauh itu.

Setelah pemberlakuan pasar tunggal, industri asuransi dalam negeri akan diserbu pemain dari luar, sehingga perlu diantisipasi dengan baik melalui penetapan regulasi yang ketat mengatur investasi asing.

“Setelah adanya pasar tunggal Asean, bagaimana nanti kalau perusahaan asuransi asal Singapura buka cabang dari Sabang sampai Merauke, karena pasar mereka sudah habis. Regulasi sangat dibutuhkan [untuk membendung ini],” ujarnya dalam Bisnis Indonesia Insurance Award 2013, Selasa (8/10/2013).

Kendati belum siap sepenuhnya, menurut Azwir, industri asuransi jiwa telah mempersiapkan sejumlah hal di antaranya memperluas sosialisasi mengenai pentingnya berasuransi kepada khalayak yang lebih luas, memperkuat kualitas sumber daya manusia, serta meningkatkan kapasitas permodalan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi jiwa asean pasar bebas asean bi insurance award
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top