Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skema CIF Bisa Dongkrak Asuransi Marine Cargo Hingga 40%

Skema cost, insurance and freight (CIF) yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan diperkirakan mendongkrak bisnis asuransi pengangkutan menggunakan kapal (marine cargo) 30%-40%.
Bisnis.com, JAKARTA--- Skema cost, insurance and freight (CIF) yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan diperkirakan mendongkrak bisnis asuransi pengangkutan menggunakan kapal (marine cargo) sekitar 30%-40%.
 
I Ketut Pasek Swastika, Direktur PT Asuransi Sinar Mas, mengatakan skema CIF berpotensi mendorong eksportir asal Indonesia mencari jasa asuransi lokal untuk keperluan pengangkutan barang. “Ini kesempatan bagus di dalam negeri,” katanya kepada Bisnis, Jumat (28/2/2014).
 
Dengan pemberlakuan skema tersebut mulai 1 Maret 2014, Ketut mengatakan pihaknya bakal meningkatkan penawaran jasa marine cargo kepada para eksportir. Salah satu eksportir yang dianggap potensial berasal dari industri manufaktur.
 
Ketut menilai ketentuan itu seperti suatu stimulus dari pemerintah terhadap industri asuransi dalam negeri. Asuransi Sinar Mas, lanjutnya, siap menjalankan bisnis marine cargo setelah ketentuan CIF itu diterapkan.
 
Dalam skema sebelumnya yaitu free on board (FOB), jasa asuransi yang dipakai lebih banyak yang disediakan oleh perusahaan asuransi di luar negeri.
 
Dalam kondisi seperti itu, bisnis asuransi marine cargo di Asuransi Sinar Mas dapat mencapai pertumbuhan 6%-11% dalam 2 tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper