Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PNM Dorong UMKM Rambah Bisnis E-Commerce

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) mendorong usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) merambah bisnis online (e-commerce) agar mampu bersaing di tengah perkembangan sistem ekonomi digital.
 PNM/Bisnis
PNM/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— PT Permodalan Nasional Madani (Persero) mendorong usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) merambah bisnis online (e-commerce) agar mampu bersaing di tengah perkembangan sistem ekonomi digital.

Pemimpin Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Tasikmalaya Tirta Prasetia mengatakan perkembangan dunia maya yang berbasis teknologi Internet telah menjadikan bisnis online sebagai fenomena saat ini.

Menurutnya, pertumbuhan industri tersebut begitu pesat dan membuat persaingan bisnis di segala lini menjadi begitu ketat.

“Bisnis e-commerce ini bisa menjadi peluang bagi pengusaha yang melek teknologi, tetapi sebaliknya bisa jadi bumerang bagi pebisnis yang gagap teknologi,” tuturnya dalam siaran pers, Rabu (5/3/2014).

Menurut Tirta, cukup banyak pelaku usaha di Tanah Air yang telah mengadopsi konsep e-commerce dalam menjalankan bisnisnya.

Namun, lebih banyak lagi yang belum memahami paradigma system ekonomi digital tersebut, di mana mayoritas adalah pelaku UMKM.

Agar UMKM tidak hanya menjadi pelengkap atau penonton dari booming e-commerce, PNM melalui program pengembangan kapasitas usaha (PKU) aktif melakukan pelatihan dan pengenalan konsep bisnis online kepada para pelaku UMKM nasabah Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM).

Direktur Bisnis Mikro I PNM M Lukman Rizal menuturkan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi digital, pola kehidupan masyarakat turut mengalami perkembangan. Teknologi saat ini telah memanjakan manusia dan menciptakan gaya hidup yang menuntut segala sesuatunya serba cepat dan praktis.

“Untuk itu PNM mendorong nasabah ULaMM untuk melakukan transformasi, dari bisnis offline menuju bisnis online atau e-commerce,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper