Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APLIKASI ANDROID Dinilai Pacu Bisnis Asuransi

Aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS merupakan terobosan luar biasa yang dapat memacu pengembangan bisnis perasuransian di Indonesia, kata ekonom dari Universitas Indonesia, Prof. Sulastri Surono.
Asuransi/insurancejobs.com
Asuransi/insurancejobs.com

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS merupakan terobosan luar biasa yang dapat memacu pengembangan bisnis perasuransian di Indonesia, kata ekonom dari Universitas Indonesia, Prof. Sulastri Surono.

"Harus diakui, inovasi ini merupakan kemajuan. Industri asuransi memang harus melakukan terobosan agar tidak tertinggal perkembangan teknologi," kata Sulastri di Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Sulastri juga sependapat bahwa aplikasi tersebut membuat nasabah dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Aplikasi ini juga bisa mendukung pelayanan agar semakin prima. Misalnya saja dari sisi kecepatan, akurasi, dan kenyamanan.

Walau demikian Sulastri mengingatkan, industri asuransi harus terus meningkatkan sistem proteksi terhadap kemungkinan ancaman dari luar. Langkah tersebut perlu dilakukan karena aplikasi semacam ini rawan penyalahgunaan dan "moral hazard" dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Psikolog Tika Bisono juga setuju bahwa aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah. Termasuk diantaranya nasabah tidak perlu repot membawa mobilnya yang tertabrak ke kantor asuransi untuk melakukan verifikasi.

Namun Tika mengingatkan bahwa peningkatan pelayanan melalui aplikasi tersebut harus dibarengi dengan peningkatan keterbukaan. Jangan sampai malah membuat nasabah kecewa, misalnya karena ada ketentuan yang tidak terinformasikan. "Tetapi secara umum, terobosan semacam itu memang bagus banget," katanya.

Satu di antara aplikasi tersebut adalah Malacca EZ, yang diluncurkan PT Malacca Trust Wuwungan Insurance. Seperti disampaikan Vientje Harijanto, CEO PT Malacca Trust Wuwungan Insurance, Malacca EZ memang memungkinkan nasabah bisa melakukan klaim dengan sangat mudah dan cepat.

Saat terjadi klaim akibat kecelakaan, nasabah cukup mengirim foto bagian mobil yang tertabrak/penyok melalui aplikasi tersebut. "Malacca Call Center Officer akan menghubungi nasabah yang bersangkutan dan memproses lebihlanjut klaim tersebut," katanya.

Menurut Vientje, Malacca EZ dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store & IOS App Store. Aplikasi asuransi kendaraan bermotor tersebut dapat diunduh oleh semua masyarakat Indonesia, baik nasabah baru maupun lama Malacca Trust Insurance. "Pengunduhan dapat dilakukan melalui Google Play Store & IOS App Store secara gratis," kata Vientje.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper