Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Ekonomi Sibuk Beresi Rencana Merger

Berbagai persiapan untuk proses merger tersebut, di antaranya menyatukan sistem dan prosedur kedua bank yang memakan waktu lama.
Ihda Fadila
Ihda Fadila - Bisnis.com 15 September 2015  |  20:43 WIB
Bank Ekonomi Sibuk Beresi Rencana Merger
Bank Ekonomi. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Ekonomi Raharja Tbk. fokus tengah fokus melakukan proses merger dengan HSBC Indonesia yang diproyeksikan bakal terealisasi pada 2017.

Direktur Utama Bank Ekonomi Antony Colin Turner mengatakan pihaknya kini tengah melakukan berbagai persiapan untuk proses merger tersebut, di antaranya menyatukan sistem dan prosedur kedua bank yang memakan waktu lama.

“Banyak, tapi ya kita kerjakan. Ini [merger] bukan hal yang mudah,” katanya, Selasa (15/9/2015).

Dengan rencana merger ini, Tony mengatakan perusahaan fokus untuk melakukan efisiensi. Oleh karena itu, Bank Ekonomi pun belum mewacanakan untuk menambah jaringan ke berbagai wilayah.

Sebelumnya, HSBC Indonesia bakal melakukan merger dengan Bank Ekonomi. CEO HSBC Indonesia Sumit Dutta mengatakan alasan HSBC Indonesia dengan Bank Ekonomi antara lain untuk memenuhi arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta ketentuan Kepemilikan Tunggal Pada Perbankan Indonesia atau single presence policy yang tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 14/24/2012.

Selain itu, HSBC Indonesia melihat potensi yang ada di Indonesia masih sangat besar dengan pertumbuhan ekonomi yang dinilai masih cukup baik dibandingkan negara Asia lain.

Tony mengatakan setelah merger rampung dilakukan, fokus bisnis entitas masih meneruskan bisnis utama yang lama. Di Bank Ekonomi sendiri, fokus bisnis pada segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Terkait dengan rencana listing usai merger, Tony mengatakan pihaknya masih fokus menyelesaikan rencana konsolidasi ini. “Itu nanti, satu-satu diberesin,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merger bank ekonomi raharja hsbc indonesia
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top