Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hanya 2 Bank Penuhi Standar Tata Kelola Level Asean, Ini Harapan OJK

Dari 118 bank umum yang berada di Tanah Air, baru 2 bank yang memenuhi standar di Asia Tenggara dalam penerapan tata kelola yang baik atau good corporate governance.
Ilustrasi/www.udku.com.au
Ilustrasi/www.udku.com.au

JAKARTA--Dari 118 bank umum yang berada di Tanah Air, baru 2 bank yang memenuhi standar di Asia Tenggara dalam penerapan tata kelola yang baik atau good corporate governance.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengatakan dari 50 perusahaan yang dinilai, terdapat 2 emiten bank dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan ASEAN Corporate Governance Award 2015, yakni PT Bank Danamon Tbk. dan PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Selain kedua bank tersebut, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. juga meraih penghargaan ini.

"Kami ingin tahun depan semakin banyak perusahaan Indonesia, terutama perusahaan listed, yang memenuhi kriteria penerapan prinsip GCG di Asean," ujarnya di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Untuk mencapai hal tersebut, OJK telah membentuk satuan tugas khusus yang melibatkan para ahli dan beberapa perusahaan unggul di ASEAN.

Muliaman menyebut terdapat sekitar 20 hingga 25 perusahaan yang berpotensi menjadi unggulan di kawasan Asia Tenggara.

Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia ini menuturkan pihaknya menilai selain kedua bank yang mendapatkan penghargaan tersebut, bank-bank milik negara juga memiliki potensi untuk menjadi unggulan.

"Bank BUMN tinggal sedikit untuk bisa memenuhi kriteria penerapan prinsip GCG di Asia Tenggara," katanya.

Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Rohan Hafas mengatakan perseroan senantiasa berupaya meningkatkan implementasi tata kelola perusahaan yang baik, termasuk mengadopsi instrumen penilaian yang komprehensif dan diakui secara luas di level regional seperti ASEAN Corporate Governance (CG) Scorecard.

"Kami sudah mengimplementasikan instrumen ASEAN Corporate Governance Secorecard ini sejak 2013 dengan hasil penilaian yang terus mengalami kenaikan," kata Rohan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper