Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, PEKANBARU-- Bank Riau Kepri janji membina pelaku usaha kecil dan menengah untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. 

Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari mengatakan pelaku  UMKM tidak perlu takut menghadapi MEA. Menurutnya, MEA adalah peluang untuk mengembangkan UMKM. 

"MEA bisa jadi ancaman dan bisa menjadi peluang. Kami akan melakukan pembinaan agar UMKM bisa mengambil peluang," katanya, Jumat (18/12/2015). 

Bank Riau Kepri akan bekerja sama dengan Kadin Provinsi Riau untuk mengayomi pelaku UMKM. Irvandi menilai masih banyak pelaku UMKM yang tidak mengerti tentang MEA dan menganggapnya sebagai ancaman. 

"Hanya asosiasi yang siap menghadapi MEA. Masih banyak pelaku UMKM yang belum siap," katanya.

Wakil Ketua Kadin Riau Viator Butarbutar menjelaskan bahwa UMKM akan lebih berkembang jika mampu bersaing dan memanfaatkan peluang. Kadin juga akan mendukung program Bank Riau Kepri untuk mengembangkan potensi UMKM. 

"Kadin, Bank Riau Kepri dan pelaku UMKM melalui asosiai akan menandatangi nota kesepakatan (MoU), dalam waktu dekat ini," jelasnya. 

Kemenko Perekonomian juga telah mengingatkan pelaku UMKM di Riau agar dapat menghadapi MEA, belum lama ini. 

Kepala Bidang Peningkatan Daya Saing Koperasi Kemenko Perekonomian Hitono Priyo menyebutkan kesiapan pelaku UMKM di Riau masih "kalah" dari kesiapan UMKM di negara tetangga. 

"Jika dibanding dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam sudah menggesa persiapannya," katanya, saat di Pekanbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper