Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat pada 2016

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menunjuk 7 bank yang akan menjadi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini. Bank tersebut terbagi menjadi 3 yakni bank pemerintah, bank swasta dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menunjuk 7 bank yang akan menjadi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini. Bank tersebut terbagi menjadi 3 yakni bank pemerintah, bank swasta, dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Tiga bank pemerintah yakni BRI, Bank Mandiri, dan BNI. Bank swasta adalah Maybank dan Sinarmas. Sementara itu, BPD ditunjuk BPD Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur. Adapun, khusus untuk penyaluran KUR bagi Tenaga Kerja Indonesia dibuka kesempatan bagi bank swasta dan BPD lain.

Namun, untuk KUR TKI, kementerian memberi syarat. Non Performing Loan (NPL) usaha mikro dan kecil harus di bawah 5% dan portofolio kerdit usaha mikro dan kecil di atas 5%. Deputi Pembiayaan Kemenkop UKM Braman Setyo mengatakan keputusannya akan diumumkan pertengahan tahun ini.

"Diperkirakan diumumkan medio 2016 untuk bank penyalur tambahan. Semakin banyak lebih baik untuk pemerataan kepada debitur masing-masing bank," katanya, Selasa (5/1/2016).

Total kucuran dana dari kementrian tahun ini sebesar Rp100 triliun dengan suku bunga 9% efektif per tahun atau dengan suku bunga flat yang setara. KUR hanya ditujukan untuk tiga sektor yakni usaha mikro, ritel dan penempatan TKI.

Tahun lalu, Kementrian berhasil menyalurkan Rp22.755.140 juta kepada lebih satu juta debitur dengan persentase pencapaian 75,85 %.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper