Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Patungan UOB dan Tamasek Danai Start Up

InnoVen Capital, perusahaan patungan UOB dan Temasek menandatangani pertama kalinya kerjasama pendanaan untuk mendukung wirausaha Asia Tenggara
United Overseas Bank Limited./Bisnis
United Overseas Bank Limited./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-- InnoVen Capital (InnoVen), perusahaan patungan antara United Overseas Bank Limited (UOB) dan Temasek hari ini mengumumkan telah menandatangai perjanjian utang ventura (venture debt) kepada 2 perusahaan rintisan e-commerce di Asia Tenggara.

Perusahaan-perusahaan rintisan tersebut termasuk dari 20 perusahaan rintisan Asia Tenggara, India dan Tiongkok yang telah diidentifikasikan oleh InnoVen layak menerima utang ventura dalam enam bulan mendatang. Kedua perusahaan ini bergerak di bidang e-commerce, financial technology, logistik dan big data.

Pada kuartal I/2016, InnoVen menandatangani kerjasama pembiayaan dengan KFit Holdings, perusahaan e-commerce asal Malaysia di bidang kesehatan dan fitness serta Pomelo Fashion, perusahaan e-commerce asal Thailand di bidang fashion.

Kedua perusahaan ini akan menggunakan utang ventura untuk membangun bisnis mereka di kawasan regional.

InnoVen akan memberikan pinjaman dengan nilai total $5 Juta untuk membantu KFit Holdings dan Pamelo melayani kebutuhan masyarakat di Asia akan trend fashion dan gaya hidup sehat. Jumlah masyarakat tersebut diperkirakan dua pertiga dari total jumlah masyarakat kelas menengah dunia, atau sekitar 3,2 Miliar jiwa di tahun 20302

Eric Tham, Managing Director and Head of Group Commercial Banking, UOB, mengatakan utang ventura sangat penting untuk membimbing pertumbuhan pengusaha-pengusaha di Asia serta mendorong terciptanya inovasi.

"UOB dibentuk oleh pemikiran-pemikiran maju dan telah mendorong pertumbuhan UKM selama lebih dari delapan dekade. Kami melihat peran penting pelaku usaha dalam pertumbuhan ekonomi dan berkomitmen memastikan perusahaan-perusahaan rintisan terbaik mendapatkan dana yang dibutuhkanagar mereka menjadi perusahaan kelas dunia. Nantinya hal ini akan mendorong ekonomi di kawasan Asia," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (21/3/2016).

InnoVen didirikan di tahun 2015 dengan tujuan memberikan pinjaman utang ventura senilai $500 Juta dalam kurun waktu lima tahun kepada perusahaan-perusahaan rintisan yang inovatif dan berkembang pesat. Menurut laporan utang ventura yang dikeluarkan oleh Ernst & Young, potensi pasar untuk utang ventura di Singapura, Tiongkok dan India di tahun 2015 hingga 2019 sejumlah $2,2 Miliar.

Chin Chao, CEO InnoVen, Asia Tenggara, mengatakan momentum yang dijalankan oleh InnoVen menunjukkan pentingnya pinjaman ventura sebagai sumber pendanaan alternatif dibandingkan pinjaman ekuitas yang ditawarkan oleh Venture Capitalists.

Sebagai bagian dari mandat investasi, InnoVen mencari perusahaan-perusahaan yang memiliki model bisnis yang berpotensi menjadi bisnis skala global.

Pomelo Fashion perusahaan asal Thailand diidentifikasikan oleh InnoVen memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. Perusahaan tersebut menggunakan e-commerce memasarkan dan menjual pakaian, aksesoris serta sepatu di Asia Tenggara.

UOB dan Temasek telah berkomitmen bahwa masing-masing akan memberikan dana modal kerja sebesar $100 juta ke InnoVen.

Pembiayaan utang ventura merupakan bagian dari komitmen UOB untuk mendorong pertumbuhan perusahaan Asia, dari perusahaan rintisan hingga perusahaan terbuka. Bank memberikan solusi finansial dari hulu ke hilir seperti equity crowdfunding, venture debt financing, term loans dan capital market solutions.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper