Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Pemicu Deposan BTN Buru-buru Kunci Bunga Depositonya

Sejumlah deposan PT Bank Tabungan Negara Tbk. mulai memindahkan dananya dari tenor pendek ke tenor panjang sebagai langkah antisipasi penurunan suku bunga deposito.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 17 Mei 2016  |  21:05 WIB
Ini Pemicu Deposan BTN Buru-buru Kunci Bunga Depositonya
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah deposan PT Bank Tabungan Negara Tbk. mulai memindahkan dananya dari tenor pendek ke tenor panjang sebagai langkah antisipasi penurunan suku bunga deposito.

Direktur Bank BTN Iman Nugroho Soeko menuturkan alasan perpindahan tersebut karena pemilik dana menyadari bahwa suku bunga simpanan akan bergerak turun sesuai kebijakan pemerintah, BI dan OJK.

Dengan demikian, dana yang mereka tidak terlalu perlukan akan ditempatkan di tenor panjang agar bisa tetap mendapatkan return. "Dana yang tidak diperlukan segera ditempatkan di tenor panjang agar dapat return tinggi dibanding nanti setelah Agustus," ujarnya, Selasa (17/5/2016).

Sementara itu, ekonom Senior Kenta Institute Eric Sugandi mengatakan perpindahan dana tersebut kemungkinan disebabkan oleh keinginan pemilik dana untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pasalnya suku bunga di tenor panjang lebih tinggi.

"Ya memang begitu. Mereka berusaha me-lock suku bunga deposito jangka panjang supaya tidak di-adjust turun ketika ada penurunan suku bunga oleh bank dalam jangka pendek," tukasnya.

Berdasarkan Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis OJK, per Februari 2016 pertumbuhan simpanan berjangka untuk tenor diatas 1 bulan cukup signifikan dibandingkan akhir tahun 2016.

Pada Februari tahun ini, deposito tenor 1 bulan hanya meningkat 1,5% year to date (y-t-d). Sementara tenor 3 dan 6 bulan masing-masing meningkat sebesar 5,4% dan 14,5% (y-t-d).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suku bunga deposito
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top