Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simpanan Bank Syariah Dijamin

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bersama Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyepakati kerja sama penjaminan simpanan dan resolusi bank berdasar prinsip syariah.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 03 Maret 2017  |  20:15 WIB
Pelayanan di salah satu bank syariah. - Ilustrasi/Bisnis
Pelayanan di salah satu bank syariah. - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bersama Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyepakati kerja sama penjaminan simpanan dan resolusi bank berdasar prinsip syariah.

 

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengatakan kerja sama dengan kedua institusi ini dilembagakan dalam Nota Kesepahaman. Tujuannya, mendukung terwujudnya sektor jasa keuangan syariah yang stabil dan sesuai dengan prinsip syariah, mendukung penguatan dan efektivitas pelaksanaan penjaminan simpanan dan resolusi bank, dan mendukung keselarasan dalam perumusan kebijakan.

 

Nasabah perbankan syariah mengharapkan sistem perbankan syariah yang sesuai dengan prinsip syariah secara komprehensif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/3/2017).

 

Adapun, nota kesepahaman ini mengatur mengenai konsultasi timbal balik dalam pelaksanaan fungsi dan tugas masing-masing, pemberian fatwa dan atau opini oleh kedua belah pihak terkait perumusan kebijakan dan pelaksanaan penjaminan simpanan dan resolusi bank syariah, serta kerja sama dalam hal edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta industri perbankan syariah mengenai penjaminan syariah.

 

Edukasi juga dilakukan secara bersama-sama terkait produk simpanan perbankan syariah serta resolusi bank syariah bagi bank berdasarkan prinsip syariah.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah penjaminan simpanan
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top