Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MasterCard Sasar Sektor Transportasi

Perusahaan teknologi pembayaran global, Mastercard, mulai menyasar sektor transportasi dan e-commerce di Indonesia.
MasterCard/Reuters-Soe Zeya Tun
MasterCard/Reuters-Soe Zeya Tun

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi pembayaran global, MasterCard, mulai menyasar sektor transportasi dan e-commerce di Indonesia.

Tommy Singgih, Direktur MasterCard Indonesia, mengatakan pihaknya memang tengah mengedepankan strategi pembayaran elektronik sektor transportasi dan logistik untuk e-commerce. Misalnya saja, MasterCard menggandeng perusahaan taksi Blue Bird dan maskapai penerbangan Singapore Airlines.

"Ini pertama transportasi taksi, Singapore Airlines juga hanya salah satu saja untuk e-commerce, ada juga dengan Garuda Indonesia dan Air Asia," ujar Tommy kepada Bisnis di Jakarta pada Selasa (30/5/2017).

Menurutnya, pembayaran berbasis aplikasi memang menjadi pilihan utama dari konsumen. Ke depannya, kerja sama MasterCard Indonesia tidak hanya dengan angkutan darat taksi tetapi juga angkutan udara, kereta, dan angkutan laut.

Tommy mengutarakan tingginya angka e-commerce di Indonesia mendorong transaksi online yang meningkat. Persentase kenaikan transaksi online sekitar 58,9%.

Berdasarkan survei terbaru dari MasterCard bertajuk Online Shopping Behaviour 2017 yang dipublikasikan pada April lalu menyatakan bahwa konsumen di Indonesia merupakan negara Asia Pasifik yang paling puas dengan transaksi online.

Adapun indeks poin kepuasan sebesar 9,71%. Meskipun begitu, survei ini menegaskan bahwa keamanan online masih menjadi salah satu pertimbangan konsumen.

Dia mengatakan fenomena e-commerce menandakan semakin banyak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang go-online. Hal ini menjadi sebuah tantangan baru bagi MasterCard untuk menyasar golongan tersebut.

"Oleh sebab itu, yang juga diperlukan adalah edukasi kepada konsumen, termasuk mitra kerja kami tentang bagaimana membiasakan diri dalam transaksi online," ungkap Tommy.

Sebagai informasi, MasterCard bekerja sama dengan Singapore Airlines untuk promo e-commerce di mana program ini dilakukan melalui platform pemesanan online.

General Manager Indonesia Singapore Airlines Edwin Chiang mengatakan periode pertama pemesanan dari program kemitraan antara MasterCard dan Singapore Airlines dimulai 10-31 Mei 2017 dan berlaku untuk periode perjalanan hingga September 2017.

Sigit P. Djokosoetono, Director PT Blue Bird Tbk. mengatakan jaringan MasterCard Indonesia yang luas mendorong pihaknya untuk bekerja sama guna memudahkan para konsumen setia Blue Bird.

"Kami berharap kemitraan jangka panjang dengan MasterCard dapat terus terjalin, sehingga para konsumen tidak hanya mendapatkan kemudahan melakukan pembayaran tetapi juga menikmati keunggulan dan keuntungan program yang ditawarkan," ungkap Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper