CEO AIA Group: BPJS Bukan Pesaing tapi Saling Melengkapi

Kehadiran layanan kesehatan nasional melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJSK) dinilai bisa menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan asuransi swasta.
Thomas Mola | 28 September 2017 18:29 WIB
Calon peserta BPJS Kesehatan antre menunggu penyelesaian adminitrasi di kantor BPJS Lhokseumawe, Aceh, Senin (15/5). - Antara/Rahmad

Bisnis.com, HONG KONG - Kehadiran layanan kesehatan nasional melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJSK) dinilai bisa menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan asuransi swasta.

Pasalnya, kesadaran masyarakat terkait proteksi semakin baik sehingga mulai terbuka untuk memilih layanan premium atau yang lebih baik yang ditawarkan asuransi swasta.

Ng Keng Hooi, Group Chief Executive dan Presiden AIA Group, menuturkan bahwa asuransi swasta tidak melihat jaminan kesehatan yang ditawarkan pemerintah seperti BPJS-Kes sebagai pesaing. Asuransi swasta bersifat melengkapi dan mengarah pada pasar menengah ke atas.

“Saya tidak melihat itu sebagai pesaing, kami melihat sebagai kesempatan untuk mendapatkan nasabah. Kami bermain di pasar yang berbeda di menengah ke atas,” ujarnya di Hong Kong, Rabu (27/9/2017).

Seperti diketahui, kehadiran BPJSK di Tanah Air sempat diprediksi bakal mengikis bisnis asuransi swasta. Namun, di sisi lain, kehadiran layanan BPJSK juga dapat dilihat sebagai edukasi pasar yang paling konstruktif untuk pemahaman pentingnya proteksi yang lebih baik.

Tag : asuransi, aia, bpjs kesehatan, asuransi aia
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top