Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persaingan Kian Sengit, Debitur Bank Kecil Berpaling

Bisnis.com, JAKARTAPenurunan bunga kredit yang tidak merata antar kelompok bank besar dan bank kecil memicu peralihan nasabah demi mendapatkan bunga kredit lebih kompetitif.
Bunga Kredit. /Bisnis.com
Bunga Kredit. /Bisnis.com

T

 

Bisnis.com, JAKARTA—Penurunan bunga kredit yang tidak merata antar kelompok bank besar dan bank kecil memicu peralihan nasabah demi mendapatkan bunga kredit lebih kompetitif.

Direktur Utama PT Bank Mayora Irfanto Oeij mengatakan, tren penurunan suku bunga kredit sejak tahun lalu membuat debitur bank-bank kecil berpaling ke bank besar yang menawarkan bunga kredit lebih rendah. Menurutnya, peralihan nasabah kredit sudah mulai terjadi sejak pertengahan tahun lalu.

"Sudah terasa sejak kuartal III tahun lalu," katanya kepada Bisnis, Selasa (22/1/2018).

Irfanto menjelaskan, rata-rata suku bunga kredit perbankan cenderung terus menurun. Selain dipengaruhi oleh suku bunga simpanan yang juga menurun, penurunan suku bunga kredit semakin dalam akibat dipicu oleh persaingan antarbank untuk memperebutkan nasabah.

Bank-bank besar yang memiliki keleluasaan likuiditas dan ditopang oleh dana murah dalam jumlah besar memiliki ruang lebih longgar untuk menurunkan suku bunga kredit. Di sisi lain, bank-bank kecil masih harus berjuang memperbaiki komposisi sumber dana agar bisa menurunkan suku bunga kredit dan bersaing dengan bank besar.

Irfanto mengakui jika hal tersebut memang terjadi karena mekanisme pasar. Namun, tetap saja hal tersebut merugikan bank-bank kecil.

"Tentunya menjadi berat karena bank BUKU [Bank Umum Kelompok Usaha] I dan II memiliki beban dana cukup tinggi sehingga sulit bersaing," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper