Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persaingan Kian Sengit, Debitur Bank Kecil Berpaling

Bisnis.com, JAKARTAPenurunan bunga kredit yang tidak merata antar kelompok bank besar dan bank kecil memicu peralihan nasabah demi mendapatkan bunga kredit lebih kompetitif.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 24 Januari 2018  |  11:46 WIB
Persaingan Kian Sengit, Debitur Bank Kecil Berpaling
Bunga Kredit. - Bisnis.com
Bagikan

T

 

Bisnis.com, JAKARTA—Penurunan bunga kredit yang tidak merata antar kelompok bank besar dan bank kecil memicu peralihan nasabah demi mendapatkan bunga kredit lebih kompetitif.

Direktur Utama PT Bank Mayora Irfanto Oeij mengatakan, tren penurunan suku bunga kredit sejak tahun lalu membuat debitur bank-bank kecil berpaling ke bank besar yang menawarkan bunga kredit lebih rendah. Menurutnya, peralihan nasabah kredit sudah mulai terjadi sejak pertengahan tahun lalu.

"Sudah terasa sejak kuartal III tahun lalu," katanya kepada Bisnis, Selasa (22/1/2018).

Irfanto menjelaskan, rata-rata suku bunga kredit perbankan cenderung terus menurun. Selain dipengaruhi oleh suku bunga simpanan yang juga menurun, penurunan suku bunga kredit semakin dalam akibat dipicu oleh persaingan antarbank untuk memperebutkan nasabah.

Bank-bank besar yang memiliki keleluasaan likuiditas dan ditopang oleh dana murah dalam jumlah besar memiliki ruang lebih longgar untuk menurunkan suku bunga kredit. Di sisi lain, bank-bank kecil masih harus berjuang memperbaiki komposisi sumber dana agar bisa menurunkan suku bunga kredit dan bersaing dengan bank besar.

Irfanto mengakui jika hal tersebut memang terjadi karena mekanisme pasar. Namun, tetap saja hal tersebut merugikan bank-bank kecil.

"Tentunya menjadi berat karena bank BUKU [Bank Umum Kelompok Usaha] I dan II memiliki beban dana cukup tinggi sehingga sulit bersaing," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bunga kredit
Editor : Farodilah Muqoddam
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top