Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Standarisasi QR Code, Ini Kata CEO T-Cash

T-Cash mendukung penuh langkah pemerintah melalui Bank Indonesia yang akan melakukan standarisasi terhadap layanan Quick Response Code (QR Code) sebagai alat pembayaran.
T-Cash. /telkomsel.com
T-Cash. /telkomsel.com

Bisnis.com, JAKARTA - T-Cash mendukung penuh langkah pemerintah melalui Bank Indonesia yang akan melakukan standarisasi terhadap layanan Quick Response Code (QR Code) sebagai alat pembayaran.

Hal tersebut seperti disampaikan Danu Wicaksana, CEO T-Cash kepada Bisnis Minggu (28/1/2018). T-Cash adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel.

"Menurut saya, BI [Bank Indonesia] selaku regulator sudah melakukan hal yang benar yaitu dengan menstandarisasi QR Code dari berbagai issuer. Kami di TCash mendukung penuh inisiatif ini," tuturnya, Minggu (28/1).

Pihaknya bahkan mengaku juga sudah menjadi bagian dari tim perumus untuk standarisasi QR code tersebut bersama dengan sejumlah perbankan dan lembaga switching. Bank Indonesia diketahui menggandeng Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dalam mewujudkan QR code tersandarisasi tersebut

"Kami sudah menjadi bagian tim perumus juga, bersama berbagai rekan-rekan dari perbankan dan lembaga-lembaga switching," ujarnya.

Menurutnya, selain demi keamanan dan perlindungan konsumen, penggunaan QR code terstandarisasi tersebut juga akan membantu penghematan biaya investasi dari si penyelenggara.

Pasalnya, dengan adanya standarisasi, para penyelenggara QR code akan lebih mudah dalam melakukan pengembangan, pasalnya sudah ada rujukannya.

Dengan demikian para penyelengara QR code tidak perlu melakukan pengembangan sendiri sendiri yang dikhawatirkan justru hasilnya tidak sesuai standar sehingga biaya investasinya bisa membengkak.

Danu mengakui  kebutuhan investasi untuk pengembangan QR code dinilai cukup besar. Namun, dirinya enggan menyebutkan nilai nominalnya.

"Maaf untuk nilai investasi pengembang QR code belum bisa kami share. Saya kurang hafal detailnya. Maaf, karena itu sebagian besar terkait sistem backend," ujarnya.

Menurutnya, dengan segera lahirnya QR Code terstandarisasi tersebut, pihaknya juga akan siap melakukan penyesuaian tentunya.

Seperti diketahui Telkomsel sendiri  membekali layanan keuangan T-CASH dengan teknologi scan QR Code yang terintegrasi dengan layanan aplikasi T-Wallet.

Merchant yang sudah bekerja sama dengan Telkomsel menggunakan transaksi pembayaran TCASH akan dimudahkan dengan tidak harus menyediakan fasilitas perangkat EDC (Electronic Data Capture) yang biasanya harus digunakan untuk transaksi melalui sticker NFC TCASH.

Merchant akan dibantu untuk pembuatan QR Code khusus dan cukup menyediakan display QR Code yang sudah terdaftar di Telkomsel untuk proses transaksi TCASH pelanggan.

"Dengan standarisasi, kalau dari sisi bisnis kami lihat overall lebih baik. Karena bisa mengurangi ketergantungan kita dan merchant terhadap mesin-mesin EDC," ujarnya.

Sehingga, kata dia biaya operasional bisa berkurang, karena toko-toko kecil juga bisa menerima pembayaran non-tunai dengan mudah dan tidak perlu investasi ataupun sewa EDC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper