Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK Bakal Terbitkan Izin 1 Perusahaan Modal Ventura

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah memproses 2 aplikasi permohonan izin usaha perusahaan modal ventura.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 27 November 2018  |  12:42 WIB
Ilustrasi - investama.co.id
Ilustrasi - investama.co.id
Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah memproses 2 aplikasi permohonan izin usaha perusahaan modal ventura.
Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Bambang W Budiawan mengatakan, diperkirakan sampai dengan akhir tahun regulator baru akan menerbitkan 1 izin usaha. Sementara sisanya akan diterbitkan pada awal tahun depan. 
"Kemungkinan yang satu selesai di 2018, dan satu lainnya di awal tahun depan," kata Bambang kepada Bisnis.com, dikutip pada Selasa (27/11/2018). 
Adapun sejak awal 2018, baru satu perusahaan modal ventura yang diberi izin usaha yakni PT Tez Ventura Indonesia. Izin usaha tersebut tertuang dalam Keputusan Dewan Komisioner Nomor KEP-76/D.05/2018 tanggal 14 September 2018. 
Dengan masuknya 1 perusahaan tersebut, sampai dengan November 2018, terdapat 66 pelaku modal ventura yang beroperasi. 
Sementara itu, baru-baru ini regulator membekukan kegiatan usaha 3 perusahaan modal ventura antara lain Ventura Cakrawala Investama, Modal Nusantara Ventura, dan Sosial Enterprener. 
Tiga entitas yang dibekukan tersebut menambah daftar perusahaan modal ventura yang dibekukan sepanjang tahun ini menjadi 13 perusahaan. Adapun 4 diantaranya telah dicabut sanksi pembekuannya, antara lain PT Vasham Kosa Sejahtera, PT Sarana Papua Ventura, PT Sarana Sultra Ventura, dan PT Sarana NTT Ventura.
Bambang meyakini pencabutan izin dua perusahaan modal ventura tidak berdampak signifikan terhadap penurunan kinerja industri. Menurutnya, penurunan penyertaan modal ventura akibat pembekuan dan pencabutan izin akan terkompensasi dengan perusahaan yang berkinerja unggul. 
"Overall pertumbuhan tetap positif meskipun tidak signifikan," ujar Bambang

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ojk modal ventura
Editor : Anggi Oktarinda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top