Bank Muamalat Nilai Potensi Pasar Syariah di Medan Tinggi

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. (\"Bank Muamalat\") melanjutkan kampanye #AyoHijrah dengan menggelar customer gathering di Medan, Sumatera Utara.
Mia Chitra Dinisari | 01 Desember 2018 01:37 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. ("Bank Muamalat") melanjutkan kampanye #AyoHijrah dengan menggelar customer gathering di Medan, Sumatera Utara.

Hadir pada kegiatan ini Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana. Turut hadir pula perwakilan dari sejumlah instansi antara lain MUI Sumut, MUI Medan, Muhammadiyah dan Baznas.

Permana mengatakan, Medan sebagai ibukota Sumatera Utara (Sumut) dinilai menyimpan potensi bisnis yang besar. Jika mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Sumut pada triwulan III tahun 2018 tumbuh sebesar 5,43% secara year on year. Angka tersebut di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional yang ada di kisaran 5,2%.

“Dengan situasi ekonomi yang kondusif, peluang untuk mengembangkan ekonomi syariah di Medan dan sekitarnya semakin besar. Ini sejalan dengan kampanye #AyoHijrah yang kami canangkan. Hijrah bukan hanya dari sisi ibadah saja, tetapi secara keseluruhan termasuk  sisi keuangan,” katanya dalam siaran persnya.

Kampanye #AyoHijrah pertama kali diluncurkan pada 8 Oktober 2018 di Jakarta. Di hadapan nasabah kota Medan, Bank Muamalat sekaligus memperkenalkan nama baru untuk produk dengan menggunakan kata Hijrah. Contohnya adalah Tabungan iB Hijrah, Tabungan iB Hijrah Prima dan Deposito iB Hijrah.

Potensi haji di Sumatera Utara juga amat besar. Hal tersebut tercermin dari kuota haji Sumut pada tahun ini yang mencapai 8.292 orang. Secara nasional, Sumut menempati peringkat kelima kuota haji terbanyak di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten.

Sebagai informasi, Bank Muamalat membuat program Rezeki Haji Berkah yakni memberikan paket umrah gratis agar masyarakat tertarik membuka tabungan haji. Bank Muamalat sendiri memiliki pangsa pasar sebesar 14% untuk haji regular dan 46% untuk porsi haji khusus (segmen high end) dari total porsi haji nasional.

Selain itu, dilakukan pula penandatanganan kerjasama referral haji dan koordinasi travel haji dan umrah antara Bank Muamalat dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Sumbagut. Bank Muamalat diwakili oleh Yusra selaku Regional Head Bank Muamalat Sumbagut dan Amphuri diwakili oleh Mitha Tanjung selaku Sekretaris Amphuri Sumbagut.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula penandatanganan kerjasama kemitraan penggalangan, pengelolaan, dan penyaluran dana ziswaf dengan Dompet Dhuafa dan Lazismu.

Tag : bank muamalat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top