BCA Kantongi Nama Bank yang Mau Dibeli

PT Bank Central Asia Tbk. hendak merealisasi rencana akuisisi bank tahun ini. Perseroan mengklaim sudah menggenggam satu nama bank kecil.
Muhammad Khadafi | 15 Januari 2019 20:15 WIB
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja berbincang dengan karyawan pada peluncuran seragam baru di Jakarta, Senin (9/7/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. hendak merealisasi rencana akuisisi bank tahun ini. Perseroan mengklaim sudah menggenggam satu nama bank kecil.

“Tidak akan molor. Kami serius tahun ini,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Sebelumnya, rencana akuisisi ditargetkan selesai pada kuartal III/2018. Sempat beredar nama PT Bank Pan Indonesia Tbk. yang akan diakuisisi. Namun, Jahja menampiknya dengan mengatakan perseroan mengincar bank kecil atau bermodal inti kurang dari Rp5 triliun.

Menurutnya, perseroan juga terus berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai perkembangan rencana tersebut.

Jahja juga sempat menyebut persoalan harga yang membuat proses akuisisi menjadi lama. Dia menyebutkan, dana yang disediakan untuk membeli bank sekitar Rp4 triliun.

Dana tersebut dapat dipastikan tidak akan cukup untuk mengakuisisi bank dengan modal inti lebih dari Rp5 triliun. “Kalau bank-nya kecil, harganya lebih rendah,” kata Jahja.

Tidak hanya BCA, bank umum kelompok usaha (BUKU) IV yang memiliki rencana untuk mengakuisi perusahaan pada tahun ini. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. juga menyatakan niat untuk kembali menambah anak usaha.

Bank pelat merha itu berencana untuk mengakuisisi perusahaan asuransi kerugian dengan mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,5 triliun.

Tag : bca
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top