Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri Gandeng Bukalapak Salurkan Pembiayaan Modal Kerja ke UMKM

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berkolaborasi dengan PT Bukalapak.com dalam penyaluran kredit modal kerja untuk membiayai ekspansi usaha  ribuan UMKM mitra platform daring tersebut.
Aktivitas layanan perbankan di Bank Mandir/Bisnis-Abdullah Azzam
Aktivitas layanan perbankan di Bank Mandir/Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berkolaborasi dengan PT Bukalapak.com dalam penyaluran kredit modal kerja untuk membiayai ekspansi usaha  ribuan UMKM mitra platform daring tersebut.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang dan Co- Founder & President PT Bukalapak.com M Fajrin Rasyid di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (28/1/2019). 

Dalam kerja sama ini, Bukalapak akan mereferensikan mitra UMKM potensial untuk mengikuti proses seleksi berdasarkan kriteria nasabah debitur Bank Mandiri.

Berdasarkan proses seleksi tersebut, Bank Mandiri kemudian menentukan besaran plafon kredit yang disetujui, di mana plafon maksimal yang bisa diakses untuk setiap mitra UMKM adalah Rp200 juta. Untuk tahap awal kerja sama ini Bank Mandiri akan menyediakan total pembiayaan sebesar Rp200 miliar.


Menurut Donsuwan, skema kerja sama tersebut sangat strategis karena dapat membantu bank menjaga kualitas pembiayaan yang disalurkan serta meningkatkan nilai tambah yang bisa diberikan Bukalapak kepada pelaku UMKM yang menjadi mitra.


“Di samping itu, skema kerja sama ini juga dapat mempercepat proses persetujuan kredit sehingga mitra Bukalapak dapat memanfaatkan momentum yang ada dalam mengembangkan usaha,” kata Donsuwan. 


Donsuwan menambahkan, lewat kerja sama tersebut pihaknya akan dapat menjangkau rentang nasabah UMKM yang lebih luas melalui platform daring, sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan pelaku UMKM online terhadap akses pemodalan perbankan. 


“Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Bukalapak untuk memperkuat penetrasi pembiayaan ke kelompok-kelompok usaha yang berbasis online dengan melihat pertumbuhan transaksi perdagangan secara online yang tumbuh sangat pesat,” katanya. 


Hingga Desember 2018, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan modal kerja sebesar Rp78.23 triliun kepada pelaku UMKM di Tanah Air. 


Sementara itu, Fajrin Rasyid mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Bank Mandiri yang memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam pembiayaan UMKM di Indonesia dan sangat fokus terhadap perekembangan perbankan yang digital. 


“Saat ini ada lebih dari 4 juta pelapak tergabung di Bukalapak. Melalui teknologi dan kreativitas, Bukalapak terus berinovasi untuk menaikkelaskan para pelaku usaha di seluruh Indonesia, salah satunya melalui kolaborasi dengan Bank Mandiri. Kami harap kolaborasi ini dapat semakin menaikkelaskan seluruh pelaku usaha melalui tambahan modal untukpengembangan bisnis mereka,” kata Fajrin Rasyid. 


Dia mengharapkan kerja sama dengan Bank Mandiri ini juga dapat meningkatkan skala usaha mitra UMKM baik dari sisi frekuensi maupun volume transaksi.


"Melalui kerja sama ini kami berharap dapat membantu ribuan UMKM Online sekaligus yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal dalam mengantisipasi perkembangan bisnis mereka."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper