Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelunasan Biaya Haji Mulai Hari Ini

Pelunasan biaya haji dapat mulai dibayarkan pada hari ini 19 Maret 2019 sampai dengan Rp15 April 2019 pada tahap pertama. Nilai pelunasan biaya haji yang harus dibayarkan untuk musim haji pada tahun ini adalah Rp35.235.602.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 19 Maret 2019  |  14:08 WIB
Karyawan melayani nasabah saat transaksi di Kantor Cabang Mandiri Syariah Thamrin, Jakarta, Senin (25/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan melayani nasabah saat transaksi di Kantor Cabang Mandiri Syariah Thamrin, Jakarta, Senin (25/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Pelunasan biaya haji dapat mulai dibayarkan pada hari ini 19 Maret 2019 sampai dengan Rp15 April 2019 pada tahap pertama. Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai saluran, termasuk perbankan.

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah), salah satu bank penerima iuran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019, telah menyiapkan platform digital channel untuk memfasilitasi nasabah untuk melunasi biaya haji secara online.

Adapun, nilai pelunasan biaya haji yang harus dibayarkan untuk musim haji pada tahun ini adalah senilai Rp35.235.602.

Anton Sukarna, SEVP Mandiri Syariah menyampaikan untuk kenyamanan dan kemudahan nasabah jamaah haji, Mandiri Syariah telah menyediakan platform pembayaran melalui Mandiri Syariah Mobile Banking dan Mandiri Syariah Netbanking.

“Platform tersebut akan memudahkan nasabah melakukan pelunasan disamping layanan pelunasan melalui kantor cabang yang sudah ada sebelumnya," katanya melalui siaran pers, Selasa (19/3/2019).

Dengan fasilitas e-channel, nasabah lebih mudah, nyaman dan fleksibel karena tidak perlu datang ke kantor cabang dan mengantri di teller untuk melakukan pelunasan.

Selanjutnya, dalam waktu tiga hari setelah pelunasan, nasabah harus menyerahkan bukti pelunasan ke Kemenag dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Persyaratan yang harus dibawa nasabah ke Kantor Kemenag di antaranya adalah resi pelunasan bank dan 10 lembar pas foto 4 cm×6 cm.

Adapun, total jemaah haji yang terdaftar melalui Mandiri Syariah dan berhak lunas untuk berangkat tahun ini sekitar 79.000 nasabah. Jumlah tersebut sekitar 31% dari total jemaah haji Indonesia tahun 2019 yang berjumlah 220.000 jemaah.

Dari sekitar 79.000 jemaah yang berhak lunas tahun ini, Mandiri Syariah memperkirakan pelunasan melalui e-channel akan mencapai sekitar 13%.

Corporate Secretary Mandiri Syariah, Ahmad Reza menambahkan, fasilitas e-channel juga akan memudahkan nasabah yang tinggal di daerah yang letaknya jauh dari outlet Mandiri Syariah. Selain melalui fasilitas e-channel, nasabah yang berada di luar jangkauan kantor cabang juga bisa melakukan pelunasan di Layanan Syariah Bank di outlet Bank Mandiri. 

Guna mengakomodasi kebutuhan sehari-hari  jemaah haji selama di tanah Suci, Mandiri Syariah menyiapkan layanan penukaran Saudi Arabian Riyal (SAR) dengan paket nilai SAR beragam di seluruh kantor cabang.

Per Desember 2018, rekening Tabungan Mabrur Mandiri Syariah mencapai 1,8 juta. Sekitar 72% atau 1,3 juta dari nasabah tersebut sudah terdaftar dalam Siskohat Kementerian Agama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biaya haji mandiri syariah
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top