Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Gandeng Masjid Jadi Mitra JakQR

Bank DKI gandeng masjid di ibu kota menjadi mitra JakQR, di antaranya untuk pembayaran infaq dan sedekah.
Warga Jakarta mencoba aplikasi JakQR yang dikembangkan Bank DKI di Masjid Istiqlal, Jakarta./Dok. Bank DKI
Warga Jakarta mencoba aplikasi JakQR yang dikembangkan Bank DKI di Masjid Istiqlal, Jakarta./Dok. Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA — Bank DKI terus mendorong penerapan transaksi non tunai di ibu kota melalui Unit Usaha Syariah (UUS), dengan menggandeng masjid-masjid menjadi mitra JakQR, fitur pembayaran berbasis QR Code pada JakOne Mobile Bank DKI.

Salah satunya adalah dalam penggunaan sistem pembayaran berbasis QR Code untuk pembayaran infaq dan sedekah di Masjid Istiqlal.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan dengan menjadi mitra JakQR, masjid-masjid yang bekerja sama dengan Bank DKI dapat melakukan pengelolaan transaksi keuangan jamaah yang lebih mudah. Pengurus masjid dapat melakukan pemantauan transaksi pembayaran dan transaksi keuangan secara real time dan online.

"Dengan menjadi mitra JakQR, pembayaran infaq dan sedekah dilakukan secara non tunai sehingga jamaah hanya perlu menggunakan smartphone-nya untuk melakukan pembayaran dan secara otomatis masuk ke rekening masjid. Pengurus masjid pun bisa melakukan pengecekan transaksi tersebut via JakOne Mobile," paparnya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (13/5/2019).

Herry menambahkan pihaknya akan terus memperbanyak masjid untuk bekerja sama dengan Bank DKI.

Sebelumnya, UUS Bank DKI mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) sebesar Rp87,5 miliar untuk anggaran 2019. Dana tersebut disalurkan ke 3.148 masjid dan 1.000 musala yang menjadi potensi mitra kerja sama untuk menjadi JakQR Bank DKI.

JakOne Mobile merupakan aplikasi layanan keuangan yang terdiri dari mobile banking dan mobile wallet yang dapat digunakan untuk melaksanakan transaksi kebutuhan sehari-hari pada JakQR, yaitu merchant-merchant yang bekerja sama dengan Bank DKI. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Playstore di Android dan App Store di iOS. 

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membayar pajak dan retribusi daerah; transfer Peer-to-Peer (P2P) ke sesama JakOne Pay atau nomor handphone; belanja dan pembayaran e-commerce di Tokopedia, Blanja.com, Dinomarket, dan Bukalapak (proses UAT); serta transaksi Scan To Pay QR Code di merchant-merchant terkemuka seperti McDonald, KFC, Gramedia, Indomaret, Alfamart, dan lain-lain.

Selain itu, JakOne Mobile bisa digunakan untuk fasilitas e-statement rekening gabungan sampai dengan 3 bulan terakhir, finger scan untuk meningkatkan keamanan login aplikasi, pembayaran transaksi belanja dengan teknologi face recognition, dan mengintegrasikan rekening tabungan, e-money server based dan e-money card based.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper